Muay Thai merupakan seni bela diri yang sedang populer di kalangan anak muda. Tak hanya untuk melindungi diri, manfaat Muay Thai untuk kesehatan tubuh juga tidaklah sedikit, mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung.

Muay Thai adalah olahraga bela diri asal Thailand yang mengandalkan serangan atas melalui pukulan dan tendangan. Muay Thai juga banyak menggunakan teknik penguncian di sekitar kepala lawan (clinching).

Ketahui Manfaat Muay Thai, Olahraga Bela Diri Asal Thailand - Alodokter

Sekilas, Muay Thai mungkin hampir serupa dengan kickboxing. Perbedaannya adalah kickboxing hanya boleh menggunakan tangan dan kaki. Sedangkan, Muay Thai juga memperbolehkan serangan menggunakan siku dan lutut, selain tangan dan kaki.

Manfaat Muay Thai bagi Kesehatan Tubuh

Muay Thai tergolong olahraga dengan intensitas tinggi, sehingga efektif untuk membakar kalori dan mengurangi berat badan. Jumlah kalori yang dapat dibakar saat melakukan olahraga ini sekitar 350–500 kalori per jam. Jumlah tersebut hampir setara dengan jumlah kalori yang terdapat dalam semangkuk mi ramen.

Jika dilakukan secara rutin, ada manfaat Muay Thai lainnya yang juga bisa Anda peroleh, antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah

Olahraga intensitas tinggi seperti Muay Thai, dapat melancarkan aliran darah dan merangsang tubuh untuk memompa darah lebih banyak ke seluruh tubuh. Manfaat ini membuat Muay Thai sebagai salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Menguatkan otot dan menjaga keseimbangan

Gerakan-gerakan dalam Muay Thai dapat menguatkan otot tubuh bagian atas dan bawah. Selain itu, kecepatan gerakan dalam seni bela diri ini juga dapat meningkatkan kelenturan, keseimbangan, refleks, dan koordinasi tubuh.

3. Menjaga kesehatan mental

Gerakan memukul dan menendang dalam Muay Thai efektif untuk melepas stres dan frustrasi. Selain itu, olahraga ini juga dapat merangsang produksi hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati dan bahkan meredakan nyeri, stres, serta rasa cemas.

Tak hanya itu, olahraga Muay Thai juga dapat menjadi sarana untuk bersosialisasi dengan teman atau pelatih Anda, sehingga Anda tidak merasa kesepian.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Setelah berolahraga, tubuh memang akan terasa lelah, tetapi Anda bisa menjadi lebih relaks sehingga lebih mudah mengantuk. Kondisi ini memudahkan Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, terutama bila Anda mengalami gangguan tidur.

Tak hanya itu, olahraga seperti Muay Thai juga menguras banyak energi, sehingga mendorong Anda untuk lebih banyak beristirahat guna mengembalikan energi tubuh.

Tips Aman Latihan Muay Thai

Muay Thai merupakan salah satu jenis olahraga tarung, sehingga risiko cedera pun cukup tinggi. Cedera yang biasanya terjadi saat melakukan olahraga ini adalah keseleo, baik di area bahu, punggung, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.

Untuk mencegah cedera saat latihan Muay Thai, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

  • Lakukan pemanasan dengan benar sebelum latihan.
  • Mulailah latihan dengan intensitas kecil, lalu meningkat secara bertahap.
  • Pastikan latihan dilakukan di bawah bimbingan pelatih profesional.
  • Gunakan pelindung tubuh, seperti sarung tinju, pelindung kepala, bantalan lutut, dan pelindung mulut, saat sesi latih tanding dengan lawan (sparring).
  • Pastikan kebutuhan cairan tubuh selalu tercukupi selama latihan.
  • Tutup sesi latihan dengan pendinginan.

Untuk mendapatkan manfaat Muay Thai, berlatihlah setidaknya 1–2 kali seminggu selama kurang lebih 45–60 menit.

Jika Anda menderita kondisi medis atau penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai sesi latihan Muay Thai. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal dan terhindar dari cedera atau gangguan kesehatan lainnya saat melakukan olahraga tersebut.