Prosedur endurologi adalah tindakan khusus di bidang spesialisasi urologi yang dilakukan hanya dengan membuat sayatan kecil atau bahkan tanpa sayatan sama sekali. Dibandingkan dengan tindakan urologi konvensional (operasi terbuka), prosedur endurologi memiliki sejumlah kelebihan.

Prosedur endurologi digunakan untuk menangani berbagai kondisi atau gangguan pada saluran kemih dan organ reproduksi pria. Selain sebagai penanganan, endourologi juga dapat digunakan dokter untuk mengetahui penyebab dan menentukan cara untuk mencegah kambuhnya suatu gangguan.

Ketahui Sekilas tentang Prosedur Endourologi - Alodokter

Jenis Prosedur Endourologi

Berikut ini adalah beberapa jenis prosedur endourologi yang sering dilakukan oleh dokter spesialis urologi untuk menangani gangguan pada saluran kemih atau organ reproduksi pria:

1. Uretroskopi

Tindakan ini menggunakan alat khusus berupa selang berkamera untuk melihat kondisi saluran kemih. Uretroskopi digunakan untuk mengatasi penyempitan atau penyumbatan uretra, yaitu saluran yang membawa urine keluar tubuh.

2. Ureteroskopi

Hampir sama seperti uretroskopi, tindakan ini menggunakan selang khusus untuk melihat kondisi saluran kemih. Bedanya, ureteroskopi digunakan untuk mengangkat batu atau tumor di ureter, yaitu saluran yang membawa urine dari ginjal ke kandung kemih.

3. Sistoskopi

Tindakan ini dapat menampilkan gambar saluran kemih secara detail dengan bantuan alat khusus menyerupai teleskop yang disebut sistoskop.

Sistoskopi biasanya digunakan untuk mengatasi batu atau tumor di kandung kemih. Namun, dokter juga dapat menggunakan prosedur ini untuk menangani penyumbatan ureter atau pembesaran prostat.

4. Nefroskopi

Nefroskopi digunakan untuk mengangkat batu atau tumor pada ginjal. Dalam prosedur ini, ginjal dapat diangkat sebagian maupun seluruhnya.

Prosedur Endourologi

Hampir semua prosedur endourologi dapat dilakukan secara rawat jalan. Ada yang hanya dilakukan dengan pembiusan lokal, tetapi ada juga yang memerlukan pembiusan total di mana pasien ditidurkan. Selain itu, sayatan yang dibuat untuk menjadi jalur masuk instrumen bedah pun kecil, bahkan dapat tanpa sayatan sama sekali.

Pada kasus batu saluran kemih, misalnya batu dapat dikeluarkan atau dipecah menggunakan instrumen kecil yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui organ berlubang, yaitu lubang dan saluran kencing, kandung kemih, lalu ureter. Hal tersebut memungkinkan dokter melakukan operasi tanpa membuat sayatan sama sekali.

Kelebihan Prosedur Endourologi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak seperti operasi terbuka yang membutuhkan sayatan lebar, sayatan dalam prosedur endurologi tergolong kecil, dan bahkan untuk kasus tertentu, dapat dilakukan tanpa membutuhkan sayatan sama sekali.

Hal tersebut membuat prosedur endurologi memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan operasi terbuka, yaitu lama rawat inap yang lebih singkat atau bahkan tidak memerlukan rawat inap, risiko perdarahan saluran kemih lebih kecil, dan waktu penggunaan kateter urine setelah operasi yang lebih pendek.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa prosedur endourologi memerlukan instrumen yang canggih, sehingga biaya yang dikeluarkan relatif lebih mahal dan waktu pengerjaan operasi relatif lebih lama daripada operasi secara terbuka.

Jika Anda memiliki gangguan pada saluran kemih atau organ reproduksi dan ingin mengetahui apakah Anda termasuk kandidat yang cocok untuk ditangani dengan prosedur endourologi, konsultasikan lebih lanjut ke dokter.

Dokter akan memeriksa riwayat kesehatan Anda secara spesifik dan sifat khusus penyakit Anda untuk memutuskan apakah kondisi Anda dapat ditangani dengan prosedur endourologi.

Ditulis oleh:

Sonny Seputra, M.Ked.Klin, Sp.B, FINACS

(Dokter Spesialis Bedah)