Kondiloma akuminata disebut juga dengan istilah kutil kelamin. Kutil ini disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV) dan biasanya ditularkan lewat hubungan seks tanpa kondom.

Kondiloma akuminata berupa benjolan daging yang menyerupai bunga kol, sehingga sering dikira sebagai tumor atau kanker. Namun dalam banyak kasus, kondiloma akuminata bisa berukuran kecil, sehingga sering tidak terlihat.

Kondiloma Akuminata: Kutil Kelamin yang Mengganggu dan Cara Penanganannya - Alodokter

Selain muncul di area kelamin, kutil ini juga bisa muncul di mulut atau tenggorokan. Kondisi tersebut terjadi karena penularan melalui seks oral.

Gejala dan Faktor Risiko Kondiloma Akuminata

Wanita maupun pria dapat mengalami kondiloma akuminata, namun kondisi ini lebih banyak didapatkan pada pria dan paling banyak ditemukan kelompok usia 17–30 tahun. Kondiloma akuminata yang sudah lama dibiarkan bisa berbentuk sangat besar dan menimbulkan rasa tidak nyaman karena terasa mengganjal.

Walaupun jarang, kondiloma akuminata mungkin menimbulkan gejala nyeri dan gatal, serta perdarahan saat berhubungan seksual.

Penularan kondiloma akuminata umumnya terjadi melalui hubungan seksual. Namun, infeksi virus HPV bisa terjadi karena penggunaan sex toy yang tidak higienis. Beberapa kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya kondiloma akuminata adalah:

  • Aktif secara seksual di usia muda.
  • Bergonta-ganti pasangan seksual tanpa kondom.
  • Pernah berhubungan seksual dengan seseorang yang riwayat kesehatan seksualnya tidak diketahui.
  • Pernah menderita infeksi menular seksual.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu, misalnya karena HIV/AIDS atau konsumsi obat-obatan untuk transplantasi organ.

Cara Penanganan Kondiloma Akuminata

Meski beberapa kasus bisa sembuh sendiri, pengobatan kondiloma akuminata yang dilakukan segera setelah kondisi ini ditemukan dapat meredakan gejala gatal dan rasa sakit, menurunkan risiko penyebaran virus HPV, serta membersihkan kutil yang tidak kunjung hilang.

Selain itu, penampakan kondiloma akuminata yang seperti tumor bisa membuat penderitanya khawatir. Menghilangkan kondiloma akuminata dapat meyakinkan pasien bahwa kondisi yang mereka alami bukan kanker.

Di bawah ini adalah penanganan yang mungkin akan diberikan dokter untuk meredakan kondiloma akuminata:

Obat-obatan

Beberapa obat yang diberikan dokter untuk menangani kondiloma akuminata adalah:

  • Podofilotoksin yang dioleskan pada kutil di bagian luar kelamin untuk menghentikan pertumbuhan sel kutil.
  • Imiquimod untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi HPV.
  • Salep herbal yang mengandung katekin, yaitu senyawa aktif pada teh hijau yang dapat melawan HPV dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Obat-obatan di atas bisa digunakan secara mandiri di rumah. Selain itu, biasanya dokter juga akan memberikan obat oles asam trikloroasetat setiap kontrol. Obat ini cukup ampuh untuk mengatasi kondiloma akuminata. Namun, pengolesan obat hanya boleh dilakukan oleh dokter karena memerlukan kehati-hatian yang tinggi.

Operasi

Kutil yang tidak menunjukkan perbaikan setelah diberikan obat oles dapat ditangani dengan operasi. Opsi tindakan pembedahan yang dilakukan untuk menangani kondiloma akuminata antara lain adalah:

  • Eksisi, yaitu pembedahan untuk menghilangkan kutil.
  • Cryosurgery atau teknik bedah beku, yaitu tindakan membekukan kutil kelamin dengan nitrogen cair.
  • Terapi sinar laser, yaitu prosedur menghilangkan kutil kelamin dengan sinar laser.
  • Electrocautery atau kauterisasi, yaitu prosedur menghilangkan kutil dengan arus listrik.

Kondiloma akuminata memang jarang menyebabkan rasa sakit dan dapat sembuh dengan baik dengan penanganan yang tepat. Walau begitu, kondisi ini perlu diwaspadai karena infeksi HPV meningkatkan risiko kanker serviks, kanker penis, dan kanker anus.

Untuk mencegah kondiloma akuminata, penting untuk menghindari perilaku seks berisiko, misalnya berhubungan seks tanpa kondom atau berhubungan seks dengan lebih dari satu orang. Selain itu, vaksinasi kanker serviks juga dapat mencegah kondiloma akuminata. Vaksin ini bisa diberikan untuk pria dan wanita.

Bila Anda mencurigai adanya tanda maupun gejala kondiloma akuminata, segera periksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.