Rasa nyeri umum dialami oleh ibu hamil yang akan melahirkan. Untuk mengurangi nyeri persalinan yang muncul, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan tanpa harus menggunakan obat-obatan, seperti obat antinyeri atau obat bius dari dokter.

Nyeri persalinan yang dirasakan setiap ibu hamil berbeda-beda. Rasa nyeri tersebut umumnya muncul karena kontraksi rahim yang semakin kuat untuk membuka jalan lahir dan mengeluarkan bayi. Rasa nyeri menjelang persalinan bisa terasa pada bagian perut, punggung, dan pangkal paha.

Tips Mengurangi Nyeri Persalinan Tanpa Disuntik - Alodokter

Cara Alami Mengurangi Nyeri Persalinan

Ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri persalinan. Caranya pun mudah dan bisa Anda terapkan sendiri atau meminta bantuan orang lain. Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Berikan pijatan

Pijatan di daerah punggung bagian bawah, telapak kaki, atau bagian bahu saat terjadi kontraksi, dapat mengurangi rasa nyeri saat persalinan. Tidak hanya itu, pijatan juga bisa merangsang produksi hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa nyeri dan membuat tubuh lebih rileks.

Mintalah bantuan pasangan untuk memijat tubuh Anda guna mengurangi rasa nyeri yang muncul saat persalinan.

2. Beri kompres hangat di tubuh

Anda mungkin merasa gelisah, cemas, dan tegang menjelang persalinan. Namun, hal ini justru bisa memperparah rasa nyeri yang muncul. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberi kompres hangat di area perut atau punggung.

Suhu hangat bisa membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks, sehingga dapat meringankan rasa sakit yang muncul saat persalinan. Anda bisa menggunakan handuk yang telah direndam air hangat, lalu tempelkan selama beberapa menit di bagian tubuh yang terasa nyeri.

3. Atur pernapasan

Cara ini bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri saat kontraksi, sekaligus menambah energi agar Anda lebih kuat menghadapi persalinan.

Cara melakukannya pun cukup mudah, yaitu dengan menarik napas dalam-dalam melalui hidung saat kontraksi mulai terjadi, lalu embuskan secara perlahan melalui mulut. Lakukan secara berulang hingga Anda merasa lebih rileks dan kontraksi mulai mereda.

4. Rutin bergerak

Sambil menunggu waktu persalinan tiba, cobalah untuk tetap bergerak, misalnya dengan berjalan di sekitar tempat tidur. Selain mengurangi nyeri persalinan, cara ini juga dapat mempercepat pembukaan dan mendorong janin bergerak ke jalan lahir.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai gerakan lain untuk mengurangi nyeri persalinan, seperti:

  • Berdiri atau bersandar di tempat tidur atau pada pasangan Anda.
  • Gerakkan pinggul untuk mendorong bayi bergerak ke arah jalan lahir.
  • Duduk di kursi atau di atas bola senam hamil.
  • Berlutut di atas tikar dengan satu kaki diangkat dan letakkan kedua telapak tangan pada tikar.
  • Ambil posisi menungging jika punggung terasa sakit
  • Hindari posisi tidur telentang karena bisa membuat kontraksi menjadi lebih lama dan menyakitkan.

5. Minta suami atau orang terdekat untuk menemani

Hadirnya seorang pendamping saat persalinan bisa membuat Anda lebih tenang dan aman. Proses persalinan pun akan lebih mudah dan cepat dilalui bila Anda ditemani pendamping yang terus memberi dukungan. Anda bisa meminta bantuan suami, ibu, atau kerabat dekat untuk mendampingi Anda saat persalinan.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mencoba cara lain untuk mengurangi nyeri persalinan yang muncul, seperti mendengarkan musik atau melakukan meditasi.

Meski setiap proses melahirkan akan terasa menyakitkan, Anda tidak perlu takut atau khawatir. Berbagai cara di atas bisa Anda coba lakukan untuk mengurangi nyeri persalinan yang muncul.

Namun, apabila cara di atas tidak berhasil mengurangi nyeri persalinan, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter kandungan. Dokter mungkin dapat memberikan obat-obatan atau tips lain agar rasa nyeri yang Anda alami bisa berkurang.

Hal yang perlu Anda ingat adalah jangan hanya fokus pada rasa sakit, tetapi pikirkanlah hal-hal positif, seperti perjumpaan Anda dengan sang buah hati nantinya. Langkah ini bisa cukup efektif untuk menenangkan dan mengurangi nyeri persalinan yang Anda rasakan.