Ketika hamil, ada banyak perubahan yang terjadi pada diri Bumil. Perubahan-perubahan ini tak jarang membuat Bumil merasa tidak nyaman, baik secara fisik maupun mental. Nah, guna mengatasinya, Bumil sangat dianjurkan untuk rutin melakukan meditasi.

Meditasi bisa dilakukan secara tersendiri bisa juga sebagai bagian dari yoga. Latihan ini bisa membantu menciptakan keseimbangan yang harmonis antara pikiran dan tubuh seseorang, termasuk ibu hamil yang fisik dan mood-nya sering kali mengalami naik turun.

Ini Sederet Manfaat Meditasi untuk Ibu Hamil - Alodokter

Meditasi aman dilakukan oleh ibu hamil, serta bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun. Namun, bila Bumil ingin melakukan meditasi sebagai bagian dari yoga, pastikan kondisi Bumil prima dan posisi yoga yang dilakukan aman untuk Bumil.

4 Manfaat Meditasi untuk Ibu Hamil

Meditasi merupakan latihan yang sangat baik dilakukan saat hamil. Ada beberapa manfaat yang bisa dipetik dari rutin bermeditasi saat hamil, di antaranya:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Meditasi dapat menenangkan pikiran dan menurunkan tingkat stres. Hal ini berpengaruh sangat baik terhadap kekebalan tubuh, lho. Perlu Bumil ketahui bahwa perubahan hormon yang terjadi selama hamil bisa melemahkan imunitas tubuh dan membuat Bumil jadi lebih rentan mengalami infeksi. Oleh karena itu, meditasi bisa sangat bermanfaat untuk Bumil.

2. Mengurangi kecemasan dan depresi

Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami stres, cemas, dan bahkan depresi. Padahal ketika hamil, Bumil sangat tidak dianjurkan stres karena bisa berdampak buruk pada kesehatan bayi di dalam kandungan.

Nah, agar pikiran lebih tenang, Bumil dianjurkan untuk melakukan meditasi. Rutin melakukan latihan meditasi terbukti mampu membuat seseorang lebih fokus terhadap masa sekarang dan mengabaikan ketakutan dan kecemasan yang mengganggu pikiran dan perasaan.

Pada ibu hamil, manfaat ini juga bisa mengubah cara pandang mereka terhadap proses melahirkan yang biasanya terkesan mengerikan.

3. Mengurangi risiko kelahiran prematur dan berat badan bayi lahir rendah

Tingkat stres dan kecemasan yang tinggi pada ibu hamil dikaitkan dengan meningkatnya risiko kelahiran prematur atau kondisi bayi yang tidak sehat, misalnya berat badan lahir rendah. Dengan mengendalikan stres dan kecemasan melalui meditasi, risiko masalah kehamilan ini juga akan berkurang.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Banyak hal yang bisa membuat ibu hamil susah tidur, seperti kaki kram, mual, insomnia, harus bolak-balik buang air kecil, nyeri perut, dan heartburn. Padahal, mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas diperlukan untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan janin.

Bila Bumil ingin tidur yang nyenyak, cobalah melakukan meditasi dengan rajin. Selain dapat menenangkan pikiran, meditasi dipercaya bisa meningkatkan hormon melatonin yang mengontrol pola tidur Bumil sehingga mengurangi insomnia.

Setelah mengetahui manfaat meditasi untuk ibu hamil, kini Bumil bisa mulai memasukkan meditasi ke dalam jadwal harian Bumil. Guna memperoleh manfaat secara maksimal, lakukan latihan ini di tempat yang tenang dan minim gangguan, misalnya di halaman rumah yang sejuk.

Namun, Bumil perlu ingat, ada beberapa kondisi kehamilan yang membuat ibu hamil tidak diperbolehkan banyak beraktivitas. Jika Bumil mengalami kondisi seperti ini, pastikan meditasi yang Bumil lakukan tidak terdiri dari banyak gerakan, apalagi gerakan yoga yang cukup rumit.

Meditasi bisa kok dilakukan dengan duduk saja, atau bahkan sambil berbaring. Bagian terpentingnya adalah memfokuskan pikiran dan mengendalikan perasaan. Untuk lebih amannya, Bumil bisa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu mengenai posisi meditasi dan yoga seperti apa yang aman untuk Bumil lakukan.