Luka bakar derajat 3 adalah jenis luka bakar serius yang memerlukan penanganan langsung dari dokter. Jenis luka bakar ini umumnya tidak lagi berwarna merah, melainkan putih seperti lilin. Selain itu, luka bakar derajat 3 juga membutuhkan waktu lama untuk penyembuhannya.  

Luka bakar merupakan cedera kulit yang disebabkan oleh kontak langsung antara kulit dengan sumber panas. Berdasarkan tingkat keparahannya, luka bakar terbagi menjadi tiga dan luka bakar derajat 3 merupakan jenis luka bakar paling serius. Ini karena luka bakar derajat 3 tidak hanya menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit, tetapi juga jaringan di bawah kulit. 

Luka Bakar Derajat 3, Ketahui Penyebab, Gejala, dan Penanganannya - Alodokter

Penyebab Luka Bakar Derajat 3 

Sumber panas yang menyebabkan luka bakar derajat 3 umumnya sama dengan luka bakar derajat 1 dan 2. Bedanya, pada luka bakar derajat 3, kontak langsung antara kulit dengan sumber panas terjadi lebih lama dan lebih intens sehingga menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Berikut ini adalah berbagai jenis sumber panas yang dapat menyebabkan luka bakar derajat 3:

  • Api
  • Cairan panas atau uap panas
  • Logam, kaca, atau benda panas lainnya
  • Arus listrik
  • Petir
  • Paparan sinar matahari atau sumber radiasi ultraviolet lainnya seperti tanning bed
  • Radiasi berlebihan yang berasal dari foto Rontgen atau radioterapi
  • Bahan kimia, seperti bensin, pengencer cat, atau alkali

Gejala Luka Bakar Derajat 3

Pada luka bakar derajat 3, kulit umumnya tidak dapat merasakan nyeri sama sekali karena sudah menyebabkan kerusakan pada saraf sehingga kulit menjadi mati rasa. Selain itu, kulit yang mengalami luka bakar derajat 3 juga biasanya akan memiliki ciri-ciri berikut ini:

  • Kulit terlihat berwarna putih, cokelat, maupun hitam
  • Kulit kering dan terasa kasar
  • Bengkak
  • Ada lepuhan 

Penanganan Luka Bakar Derajat 3

Karena menyebabkan kerusakan parah pada lapisan dalam kulit, luka bakar derajat 3 harus segera ditangani secara langsung oleh dokter di rumah sakit terdekat. Berikut ini adalah berbagai penanganan yang bisa diberikan oleh dokter:

Obat-obatan

Untuk mengobati luka bakar derajat 3 dan mencegah terjadinya infeksi, dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik, baik yang diberikan dengan cara disuntik maupun dioles di area kulit yang terbakar. 

Meski sebagian besar pasien luka bakar derajat 3 tidak merasakan sakit, dokter biasanya juga akan memberikan obat pereda nyeri untuk pasien minum ketika keluhan nyeri di area luka bakar timbul. 

Operasi

Jika luka bakar derajat 3 memiliki ukuran yang besar dan cukup dalam, dokter biasanya akan menyarankan tindakan operasi yang disebut dengan cangkok kulit untuk menutupi luka. 

Selama operasi, dokter akan memotong dan mengangkat jaringan kulit sehat dari area lain di tubuh pasien, seperti bokong atau paha bagian dalam. Selanjutnya, kulit tersebut akan dokter tempatkan di area luka bakar, kemudian menjahitnya.

Namun, jika pasien tidak memiliki kulit sehat yang cukup untuk dicangkok saat cedera, dokter biasanya akan menggunakan sumber cangkok sementara yang berasal dari kulit orang yang sudah meninggal, sebelum menggantinya dengan kulit pasien. 

Dibandingkan dengan luka bakar derajat 1 dan derajat  2, luka bakar derajat 3 memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi, mulai dari infeksi, kehilangan darah, syok, bahkan kematian. 

Oleh karena itu, jika Anda mengalami luka bakar yang menyerupai luka bakar derajat 3, segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.