Lutut bengkak dapat terjadi ketika ada peningkatan cairan di sekitar sendi lutut. Peningkatan cairan berlebih ini bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, termasuk cedera yang tidak diobati atau benturan keras di lutut.

Kondisi lutut bengkak dapat menyerang siapa saja tanpa memandang umur, tapi yang paling berisiko adalah orang-orang berusia lanjut. Tidak hanya itu, orang-orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga berisiko mengalami kondisi ini.

Berbagai Penyebab Lutut Bengkak dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Memahami Penyebab Lutut Bengkak

Salah satu penyebab lutut bengkak adalah cedera yang menyebabkan terkilir atau keseleo. Ketika ligamen lutut terkilir, maka akan timbul rasa sakit dan pembengkakan pada bagian lutut. Selain karena terkilir, lutut bengkak juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit dan keadaan tertentu, seperti:

Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan jenis radang sendi yang paling umum terjadi. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak di area persendian, serta kerusakan tulang rawan. Apabila tulang rawan lutut rusak, maka tulang tungkai akan saling bergesekan hingga mengakibatkan pembengkakan dan gangguan pergerakan sendi lutut.

Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah peradangan sendi akibat gangguan autoimun. Tidak seperti kerusakan akibat osteoarthritis, kerusakan akibat rheumatoid arthritis bisa mencapai lapisan luar sendi, tulang, dan area di sekitar sendi. Kondisi ini bisa menyebabkan pembengkakan pada sendi, seperti pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan lutut.

Septic arthritis

Septic arthritis adalah radang sendi yang disebabkan oleh kuman, seperti bakteri, virus, atau jamur, yang menyebabkan infeksi jaringan dan cairan di sekitar sendi. Kondisi ini biasanya didahului oleh infeksi di bagian tubuh lain yang menyebar melalui aliran darah dan sampai ke sendi. Gejalanya dapat berupa rasa nyeri, peradangan, demam, dan pembengkakan pada persendian yang mengalami infeksi, termasuk lutut.

Cara Mengatasi Lutut Bengkak

Ada beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri di lutut, di antaranya:

1. Istirahatkan lutut

Ketika lutut Anda bengkak, hentikan dulu aktivitas dan istirahatkan lutut Anda. Cara ini dapat mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan pada lutut.

2. Kompres dengan es

Kompres lutut yang bengkak dengan es untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah pembengkakan semakin parah. Lakukan pengompresan selama 10-20 menit, setidaknya tiga kali dalam sehari.

3. Beri bantalan pada lutut

Saat sedang berbaring, posisikan lutut yang bengkak lebih tinggi dari dada. Kamu bisa meletakkan bantal di bawah lutut sebagai penyangga.

4. Konsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat antinyeri dapat menjadi pilihan untuk menangani lutut bengkak, di antaranya adalah golongan obat antiinflamasi nonsteroid dan paracetamol. Konsumsilah obat sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan atau sesuai anjuran dokter.

Penyebab lutut bengkak bermacam-macam, bisa karena cedera, bisa juga akibat penyakit tertentu. Anda bisa mengurangi keluhannya dengan cara-cara di atas. Namun jika lutut Anda semakin bengkak, nyeri, dan sulit digerakkan, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.