Banyak orang yang mengandalkan minum teh hijau untuk diet. Minuman ini dipercaya dapat menurunkan berat badan sehingga membantu tubuh terlihat lebih langsing. Namun, bagaimana sih cara tepat minum teh hijau supaya hasilnya lebih maksimal? Simak penjelasannya melalui artikel berikut.

Teh hijau sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki efek relaksasi sekaligus membantu meredakan rasa cemas. Tidak hanya itu, rutin minum teh hijau juga diketahui dapat mengurangi risiko terjadinya diabetes, osteoporosis, penyakit jantung, hingga stroke, lho.

Manfaat Teh Hijau untuk Diet dan Cara Tepat Meminumnya - Alodokter

Selain itu, teh hijau sering kali dijadikan minuman sehat untuk menurunkan berat badan. Bahkan, sudah banyak yang memproduksi teh hijau khusus dengan klaim efektif untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Teh Hijau untuk Diet

Teh hijau adalah jenis teh yang tidak melalui proses fermentasi. Proses pengolahan inilah yang menyebabkan teh hijau kaya akan senyawa antioksidan yang dikaitkan dengan sejumlah efek baik untuk kesehatan, tak terkecuali untuk diet.

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan tinggi yang disebut katekin. Senyawa ini diketahui dapat membantu mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh, khususnya saat sedang berolahraga.

Teh hijau juga mengandung senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat merangsang produksi hormon yang membantu proses pemecahan lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Dengan begitu, lemak yang telah dipecah akan lebih cepat terbakar dan diubah menjadi energi, bahkan ketika kamu sedang beristirahat, lho.

Selain itu, penelitian membuktikan bahwa kafein yang terkandung di dalam teh hijau dapat membantu penderita obesitas mengendalikan nafsu makan. Nafsu makan yang terkendali diimbangi dengan dengan pola makan sehat, akan membantu proses diet.

Cara Minum Teh Hijau untuk Diet

Teh hijau memang bisa dijadikan minuman sehat untuk diet. Namun, bukan berarti kamu bisa mengandalkan minuman herbal ini saja untuk menurunkan berat badan, ya. Konsumsi teh hijau juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat agar program diet yang kamu lakukan hasilnya maksimal.

Berikut ini adalah tips minum teh hijau untuk diet dan pola hidup sehat yang perlu kamu jalani untuk mendapatkan berat badan ideal:

  • Seduh teh hijau tanpa campuran apa pun, termasuk gula.
  • Minum teh hijau di pagi hari sebelum beraktivitas atau sebelum berolahraga.
  • Hindari minum teh hijau saat sebelum tidur atau dibarengi dengan makan besar.
  • Konsumsi makanan bernutrisi seimbang, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan seafood.
  • Minum air putih yang cukup, minimal 8 gelas atau 2 liter per hari.
  • Hindari ngemil berlebihan dan makan makanan cepat saji.
  • Rutin berolahraga, minimal 30 menit setiap hari.

Dalam memilih produk teh hijau, perhatikan dengan teliti label pada kemasannya. Pilihlah produk teh hijau yang murni dan pastikan tidak mengandung bahan tambahan apa pun, apalagi ekstrak tanaman yang belum terbukti keamanannya.

Kalau kamu ingin memastikan keamanan konsumsi teh hijau untuk diet bagi kesehatanmu, berkonsultasilah dengan dokter, ya. Kamu juga bisa lho bertanya seputar masalah kesehatan dengan dokter langsung lewat aplikasi Alodokter.