Ada banyak manfaat teh hijau untuk kecantikan yang bisa didapatkan dengan cara meminumnya atau mengoleskannya ke kulit dan rambut. Hal ini karena teh hijau mengandung beragam nutrisi dan kaya akan antioksidan.

Teh hijau berasal dari tumbuhan teh atau Camellia sinesis yang diproses dengan cara dikeringkan dan dapat diolah menjadi minuman. Tak hanya berkhasiat bagi kesehatan tubuh, teh hijau juga baik untuk kecantikan.

Tak Hanya Kesehatan, Inilah Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan - Alodokter

Beragam khasiat tersebut tak lepas dari beragam nutrisi yang terkandung di dalam tumbuhan ini. Berikut ini adalah beberapa jenis nutrisi di dalam teh hijau:

Teh hijau juga kaya akan antioksidan polifenol dan EGCG (epigallocatechin gallateI). Berbagai kandungan dalam teh hijau inilah yang sayang dilewatkan karena berperan dalam menjaga kesehatan tubuh maupun kulit.

Beberapa Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

Guna mendapatkan manfaat teh hijau untuk kecantikan, Anda bisa mengonsumsinya sebagai minuman atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak teh hijau, seperti pelembap, krim, dan serum.

Beberapa manfaat teh hijau untuk kecantikan meliputi:

1. Mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit

Kandungan epigallocatechin gallate pada teh hijau dapat berfungsi sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari efek sinar UV dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Beberapa riset juga menyebutkan bahwa ekstrak teh hijau dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, termasuk kanker kulit.

Beberapa produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak teh hijau juga berkhasiat untuk menghidrasi kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih lembut dan terjaga kelenturannya.

2. Mencegah penuaan dini 

Vitamin C yang terkandung di dalam teh hijau dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen. Zat ini merupakan protein yang berperan penting dalam menjaga kelenturan kulit. Selain itu, antioksidan pada teh hijau juga dapat mencegah penuaan dini pada kulit Anda.

Oleh karena itu, tidak sedikit produk perawatan dan kecantikan kulit yang menggunakan ekstrak teh hijau untuk mengatasi dan mencegah masalah kulit, seperti keriput, flek atau bintik hitam di kulit, serta kulit kusam.

3. Menyejukkan kulit

Anda juga bisa memanfaatkan teh hijau sebagai pendingin alami kulit. Caranya cukup dengan mendinginkan kantong teh hijau di kulkas selama beberapa menit, lalu kompres area kulit. Kompres dingin ini juga dapat meredakan rasa sakit dan kemerahan pada kulit yang terbakar sinar matahari.

Sifat antiradang dalam teh hijau dapat memberikan efek dingin pada kulit sekaligus mencegah kerusakan sel akibat paparan sinar matahari.

4. Mengatasi mata panda atau kantung mata

Kurang istirahat dapat menyebabkan tubuh terasa lelah dan munculnya kantung mata atau mata panda. Nah, menggunakan kompres dingin dari kantong teh hijau dapat mengurangi bengkak di mata karena kurang tidur atau istirahat.

5. Mengobati jerawat

Beberapa studi menyatakan bahwa penggunaan ekstrak teh hijau untuk diminum atau dioleskan pada kulit dapat mengurangi benjolan akibat jerawat. Kandungan polifenol pada teh hijau terbukti mengurangi produksi sebum pada kelenjar minyak yang memicu timbulnya jerawat.

6. Mengatasi masalah rambut rontok

Selain mampu mengatasi gangguan pada kulit, kandungan antioksidan dan vitamin pada teh hijau dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut. Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau terlihat dapat menyuburkan rambut dan mencegah kerusakan di kulit kepala penyebab rambut rontok.

Manfaat teh hijau bagi kecantikan dapat Anda rasakan secara maksimal jika disertai dengan menjalani pola makan sehat, rutin berolahraga, beristirahat yang cukup, dan tidak merokok.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat teh hijau untuk kecantikan di atas, Anda bisa mengonsumsi teh hijau atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung teh hijau.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar manfaat teh hijau untuk kecantikan atau merasakan adanya masalah pada kulit, seperti jerawat, eksim, atau dermatisis, yang tidak kunjung sembuh, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai jenis kulit dan kondisi yang Anda alami.