Manfaat daun sage bagi kesehatan sudah dikenal sejak ratusan tahun silam. Berkat kandungan nutrisinya, daun ini bahkan sudah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional di Eropa, Afrika, dan Amerika. Untuk mengetahui lebih jauh manfaat daun sage, mari simak artikel berikut ini.

Daun sage umumnya dimanfaatkan sebagai bahan masakan karena aromanya yang kuat dan khas. Tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, daun herbal yang masih satu keluarga dengan daun mint ini juga mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan.

Mengetahui Kandungan dan Manfaat Daun Sage bagi Kesehatan - Alodokter

Ekstrak daun sage pun bisa diolah dan dimanfaatkan sebagai aromaterapi serta bahan campuran dalam produk sabun dan kosmetik.

Kandungan Vitamin dan Mineral Daun Sage

Dalam satu sendok makan atau sekitar 2 gram daun sage, terdapat 6 kalori dan berbagai nutrisi berikut:

  • Serat
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan folat
  • Mineral, seperti zinc, fosfor, kalium, selenium, magnesium, kalsium, zat besi, dan mangan

Daun sage pun mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Berbagai jenis antioksidan yang terkandung di dalam daun sage adalah lutein, zeaxanthin, polifenol, dan flavonoid. Selain berbagai nutrisi di atas, daun sage juga mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri, antiradang, dan antinyeri.

Berbagai Manfaat Daun sage bagi Kesehatan

Berkat berbagai kandungan nutrisi dan zat di dalamnya, daun sage dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Selain vitamin dan mineral yang telah disebutkan, daun sage juga mengandung zat yang bersifat antimikroba dan dapat mencegah timbulnya plak gigi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan obat kumur berbahan dasar daun sage mampu membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Tak hanya itu, daun sage juga dipercaya dapat mengobati infeksi tenggorokan, infeksi gusi, dan sariawan.

2. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat lain dari daun sage adalah menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Manfaat daun sage ini bahkan disebut hampir mirip dengan hormon insulin yang berfungsi untuk mengatur gula darah. Selain itu, teh daun sage diyakini dapat mencegah dan mengobati diabetes tipe 2.

Untuk dapat menikmati khasiat daun sage ini, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh. Namun, jika Anda sedang menjalani pengobatan diabetes, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum hendak memanfaatkan daun sage sebagai obat herbal.

3. Meredakan peradangan dan menyembuhkan luka

Ekstrak daun sage memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Manfaat ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan akibat peradangan, misalnya kulit terbakar sinar matahari atau luka ringan.

Ekstrak daun sage dalam bentuk obat oles juga diketahui dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka.

4. Memberikan efek relaksasi

Daun sage yang digunakan sebagai aromaterapi atau teh herbal diketahui dapat menimbulkan efek relaksasi dan mengurangi stres. Berkat manfaat daun sage ini, Anda akan merasa lebih tenang dan relaks. Aromaterapi dari daun ini juga disebut dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

5. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Daun sage mengandung antioksidan serta beragam vitamin dan mineral yang juga baik untuk kesehatan dan fungsi otak.

Berbagai studi menyebutkan bahwa ekstrak daun sage dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta mengurangi peradangan pada saraf otak. Ekstrak daun sage juga disebut dapat mencegah pikun pada lansia.

6. Meredakan gejala menopause

Menjelang masa menopause, tubuh wanita secara alami akan mengalami penurunan kadar hormon estrogen. Kondisi ini akan menyebabkan terhentinya menstruasi dan dapat menimbulkan berbagai keluhan, seperti keringat berlebih, vagina kering, sulit tidur, dan perubahan suasana hati.

Berbagai studi menyebutkan bahwa ekstrak daun sage dapat membantu meringankan gejala-gejala menopause tersebut.

7. Mengurangi nyeri

Ekstrak daun sage diketahui memiliki efek antinyeri. Berkat manfaatnya ini, daun sage sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi sakit tenggorokan, luka ringan di kulit, sakit gigi, hingga sakit kepala.

Selain berbagai manfaat di atas, daun sage juga diketahui memiliki berbagai manfaat lain, seperti menyuburkan dan menyehatkan rambut, memperkuat daya tahan tubuh, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

Meski demikian, klaim berbagai manfaat daun sage di atas, hingga kini baru terbatas pada studi berskala kecil. Oleh karena itu, tingkat keamanan dan efektivitas manfaat daun sage sebagai obat atau suplemen herbal masih perlu diteliti lebih lanjut.

Cara Aman Mengonsumsi Daun Sage

Daun sage paling umum dikonsumsi sebagai bahan campuran dalam aneka makanan. Namun, Anda juga bisa menggunakan daun ini sebagai teh herbal. Selain itu, daun sage kini juga sudah banyak tersedia dalam bentuk suplemen herbal.

Pada kasus tertentu, daun sage juga terkadang bisa menimbulkan efek samping berupa sakit perut, diare, mual, dan kontraksi rahim.

Meski menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan, daun sage tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh semua orang. Hingga saat ini, daun sage belum terbukti efektif dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, atau orang yang memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes, kanker, tekanan darah tinggi atau rendah, dan epilepsi.

Agar lebih aman dikonsumsi, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum hendak menggunakan suplemen daun sage. Jika timbul alergi atau kondisi lainnya setelah mengonsumsi daun sage, segera konsultasikan kepada dokter.