Minoxidil adalah obat untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperlambat kebotakan. Obat ini tidak dapat menumbuhkan rambut secara permanen, rambut akan kembali rontok saat perawatan dihentikan.

Minoxidil merupakan obat yang bekerja dengan melebarkan pembuluh darah (vasodilator) sehingga aliran darah menjadi lancar. Cara kerja ini juga akan membuat folikel rambut lebih besar sehingga mampu menerima lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

minoxidil - Alodokter

Selain untuk menumbuhkan rambut di kepala, minoxidil dapat dimanfaatkan sebagai penumbuh jenggot dan kumis, tapi penggunaannya harus disertai dengan petunjuk dokter.

Merek dagang minoxidil: Aloxid, Eminox, Hage, Regrou, Regrou Forte

Apa Itu Minoxidil

Golongan Obat resep
Kategori Vasodilator
Manfaat Merangsang pertumbuhan rambut
Digunakan oleh Dewasa
Minoxidil untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Minoxidil dapat terserap ke dalam ASI. Oleh karena itu, konsultasikan kepada dokter mengenai manfaat dan risiko menggunakan minoxidil saat menyusui.

Bentuk obat  Cairan obat luar

Peringatan Sebelum Menggunakan Minoxidil

Sebelum menggunakan minoxidil, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan menggunakan minoxidil jika Anda alergi terhadap obat ini. Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Jangan menggunakan minoxidil pada kulit yang luka, bengkak, kemerahan, iritasi, atau sedang terinfeksi.
  • Jangan menggunakan minoxidil di area mata, hidung dan mulut. Bila mengenai area ini, segera bilas dengan air.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita penyakit ginjal, penyakit hati, atau penyakit jantung, termasuk angina, gagal jantung, atau baru saja mengalami serangan jantung.
  • Minoxidil tidak boleh digunakan pada anak yang berusia di bawah 18 tahun tanpa anjuran dari dokter.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Lakukan pemeriksaan ke dokter jika kebotakan tidak kunjung membaik setelah minoxidil digunakan selama 4 bulan.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah menggunakan minoxidil.

Dosis dan Aturan Pakai Minoxidil

Dosis minoxidil akan ditentukan oleh dokter sesuai dengan usia dan jenis kelamin pasien. Secara umum, berikut adalah dosis minoxidil untuk mengatasi kebotakan berdasarkan jenis kelamin:

  • Pria:Oleskan 1 ml cairan minoxidil 2% atau 5% ke kulit kepala yang botak sebanyak 2 kali sehari.
  • Wanita:Oleskan 1 ml cairan minoxidil 2% ke kulit kepala yang botak sebanyak 2 kali sehari.

Cara Menggunakan Minoxidil dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada pada kemasan obat sebelum menggunakan minoxidil. Jangan mengurangi atau menambah dosis tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Penggunaan minoxidil melebihi dosis yang dianjurkan tidak akan membuat rambut lebih cepat tumbuh, tetapi justru dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

Pastikan kulit kepala dan rambut bersih dan kering sebelum menggunakan minoxidil. Oleskan obat pada kulit kepala yang botak mulai dari bagian tengah.

Jangan mengeringkan bagian kulit kepala yang diolesi minoxidil dengan pengering rambut. Biarkan obat mengering dengan sendirinya. Menggunakan pengering rambut dapat mengurangi efektivitas minoxidil.

Jangan menutup kulit kepala yang sudah diolesi minoxidil dengan perban atau plester. Biarkan kepala dalam kondisi terbuka.

Disarankan untuk tidak keramas setidaknya sampai 4 jam setelah menggunakan minoxidil. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah menggunakan minoxidil

Jika lupa menggunakan minoxidil, disarankan untuk segera menggunakannya bila jeda dengan jadwal pemakaian berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Simpan minoxidil di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Minoxidil dengan Obat Lain

Penggunaan minoxidil bersamaan dengan obat oles (topikal) yang mengandung kortikosteroid atau retinoid dapat meningkatkan penyerapan minoxidil. Agar aman, selalu konsultasikan dengan jika Anda sedang menjalani pengobatan dengan suplemen, produk herbal, atau obat tertentu.

Efek Samping dan Bahaya Minoxidil

Ada beberapa efek samping yang bisa terjadi setelah menggunakan minoxidil adalah, yaitu kulit kepala gatal, kering, mengelupas, iritasi, atau terasa terbakar. Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung mereda atau semakin memberat.

Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau muncul efek samping yang lebih serius, seperti:

  • Tumbuh rambut di wajah
  • Jantung berdebar, denyut jantung cepat, atau tidak teratur
  • Pingsan
  • Pusing atau sakit kepala
  • Bengkak di tangan atau kaki
  • Nyeri dada
  • Susah bernapas
  • Lelah yang tidak biasa