Anak indigo umumnya dipercaya memiliki kemampuan khusus yang berbeda dengan anak-anak lain, terutama dalam hal yang berkaitan dengan dunia supranatural. Tak hanya itu, anak indigo juga memiliki watak yang unik dan lebih peka dengan kondisi lingkungan sekitarnya.

Anak indigo adalah sebutan untuk anak-anak yang dianggap istimewa karena memiliki kemampuan dan sifat yang berbeda dari teman sebayanya. Mereka juga kerap dianggap memiliki kemampuan layaknya paranormal, seperti dapat membaca pikiran orang lain atau memprediksi masa depan.

4 Ciri-Ciri Anak Indigo yang Perlu Diketahui - Alodokter

Kata indigo sendiri berasal dari nama warna indigo yang berarti warna nila, biru gelap, atau ungu. Warna tersebut dipercaya sebagai pancaran aura dari dalam diri anak indigo yang dapat menggambarkan kepribadian dan kelebihan mereka, seperti tingkat kecerdasan dan kepekaan yang tinggi.

Mengenal Ciri-Ciri Anak Indigo

Meski secara fisik tidak berbeda dengan anak-anak lain, seorang anak indigo biasanya memiliki ciri khas atau kelebihan dalam beberapa hal, di antaranya:

1. Memiliki kecerdasan tinggi dalam bidang akademis

Anak-anak indigo dinilai memiliki keunggulan dalam banyak bidang daripada anak-anak seusianya, termasuk bidang akademis.

Tak jarang anak indigo dapat langsung memahami hal-hal yang belum bisa dimengerti oleh anak seusianya dan mampu menempuh pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi dengan cepat.

2. Memiliki tingkat kreativitas tinggi

Tak hanya pintar dalam bidang akademis, anak indigo juga merupakan pribadi yang sangat kreatif dan inovatif. Mereka mampu melihat suatu masalah dari perspektif yang berbeda dibandingkan dengan kebanyakan orang.

Oleh karena itu, tak jarang anak indigo dapat memecahkan masalah yang sulit atau tidak dapat diselesaikan oleh orang yang lebih tua darinya.

3. Mempunyai intuisi yang lebih kuat

Anak indigo memiliki intuisi tajam yang dapat membantu dirinya menentukan pilihan atau keputusan dalam aktivitas sehari-harinya.

Dalam sebuah kasus disebutkan bahwa seorang anak indigo mampu menjawab soal ujian matematika, meski ia tidak tahu cara mengerjakannya. Anak indigo tersebut sepenuhnya mengandalkan intuisi atau firasat yang ia miliki untuk menjawab semua soal ujian.

4. Memiliki watak yang keras

Sebagian besar anak indigo memiliki karakter yang terdengar ekstrem, mulai dari mudah marah, keras kepala, hiperaktif, hingga selalu ingin diperlakukan secara adil dari perspektif dirinya sendiri.

Selain itu, anak indigo juga digambarkan sebagai orang yang sangat sensitif pada berbagai hal. Tak hanya secara emosional, anak indigo juga lebih peka terhadap hal-hal yang dapat dirasakan melalui pancaindra.

Anak indigo bisa bereaksi dengan cara yang berbeda atau berlebihan pada bau, cahaya, atau suara, yang mungkin bagi kebanyakan orang terasa biasa saja.

Terlepas dari keistimewaannya tersebut, hingga saat ini, belum ada cukup penelitian yang bisa memastikan semua anggapan yang beredar dan dipercaya oleh masyarakat terkait anak indigo.

Bahkan, kebenaran mengenai keberadaan anak indigo sendiri masih sering dipertanyakan sehingga masih banyak orang yang tidak percaya dengan hal ini.

Namun, jika anak Anda menunjukkan ciri-ciri anak indigo, seperti lebih cerdas dari teman sebayanya atau sangat peka terhadap berbagai hal, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih jauh bagaimana cara tepat untuk mendampinginya.