Nystatin adalah obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi jamur, khususnya infeksi jamur Candida. Obat ini dapat mengobati candidiasis yang terjadi pada kulit, rongga mulut, tenggorokan, usus, dan vagina.

Nystatin merupakan obat antijamur yang bekerja dengan cara merusak membran sel jamur. Akibatnya sel jamur akan berhenti tumbuh dan berkembang. Obat ini tersedia dalam beberapa bentuk, yaitu cairan suspensi, tablet vagina (ovula), dan salep.

Woman,With,Halitosis,For,Candida,Albicans,On,Tongue

Merek dagang Nystatin: Candigal, Candistin, Cazetin,  Decastatin Vaginal Tab, Ensystin, Flagystatin, Fungatin, Mycostatin, Decastatin Oral, Myco-Z, Mycostatin Vaginal Tablet, Nocandis, Nymiko, Nyndia, Nystatin, Provagi, Ronastin, Sytin, Trichodazol Plus

Apa itu Nystatin

Golongan Antijamur
Kategori Obat resep
Manfaat Mengatasi infeksi jamur di rongga mulut, tenggorokan, usus, kulit, dan vagina, terutama candidiasis
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Nystatin untuk ibu hamil dan menyusui Nystatin oral dan topikal

Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Nystatin Vaginal

Kategori A: Studi terkontrol pada wanita hamil tidak menunjukkan adanya risiko terhadap janin, dan kecil kemungkinannya untuk membahayakan janin.

Nystatin belum diketahui terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Salep, cairan suspensi, tablet oral, dan tablet vagina

Peringatan Sebelum Menggunakan Nystatin

Nystatin tidak boleh digunakan sembarangan. Perhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan menggunakan nystatin jika Anda memiliki riwayat alergi dengan obat Beri tahu dokter riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita penyakit hati, diabetes, penyakit ginjal, atau penyakit yang dapat melemahkan sistem imun, seperti HIV/AIDS.
  • Jangan menggunakan nystatin salep pada ruam kulit yang tidak diketahui penyebabnya.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat lain, termasuk suplemen dan produk herbal, untuk mengantisipasi terjadinya interaksi obat.
  • Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau overdosis setelah menggunakan nystatin.

Dosis dan Aturan Pakai Nystatin

Berikut adalah pembagian dosis nystatin berdasarkan bentuk obat, kondisi yang akan diatasi, dan usia pasien:

Bentuk oral (tablet, cairan suspensi, dan tetes)

  • Kondisi: Candidiasis mulut
    Dewasa:
    100.000 unit, 4 kali sehari. Pengobatan bisa dilakukan selama 7–14 hari. Untuk mencegah kekambuhan, tetap konsumsi obat setidaknya hingga 2 hari setelah gejala teratasi.
    Anak-anak: 100.000 unit, 4 kali sehari.
  • Kondisi: Candidiasis usus
    Dewasa
    : Untuk bentuk suspensi, dosisnya 500.000 unit, 4 kali sehari. Untuk bentuk tablet, 500.000–1.000.000 unit 3–4 kali sehari. Obat dikonsumsi setidaknya hingga 2 hari setelah tidak ada gejala. Untuk pencegahan, 1.000.000 unit per hari.
    Anak-anak:
    100.000 unit, 4 kali sehari.
  • Kondisi: Pencegahan candidiasis pada bayi baru lahir
    Diberikan pada bayi yang baru lahir dari ibu yang menderita candidiasis vagina dengan dosis 100.000 unit, 1 kali sehari.

Bentuk topikal (salep)

  • Kondisi: Infeksi jamur kulit
    Dewasa dan anak-anak:
    dioleskan di bagian yang terinfeksi jamur 2–3 kali sehari.

Bentuk vaginal (tablet vagina)

  • Kondisi: Candidiasis vagina
    Dewasa
    : 100,000–200.000 unit per hari selama 14 hari

Cara Menggunakan Nystatin dengan Benar

Gunakan nystatin sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter. Jangan menambahkan atau menghentikan pengobatan tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, meskipun sudah tidak ada keluhan.

Untuk nystatin berbentuk cairan, kocok obat sebelum digunakan. Konsumsi nystatin oral setelah makan. Teteskan cairan suspensi ke dalam mulut dengan pipet yang sudah tersedia.

Usahakan obat untuk mengenai bagian mulut yang terinfeksi selama mungkin, jika terdapat infeksi di dalam rongga mulut. Kumur cairan hingga mengenai semua permukaan mulut sebelum menelannya.

Nystatin ovula (tablet vagina) hanya digunakan di vagina. Masukkan obat ke dalam vagina, sesuai dosis yang dianjurkan, sebelum tidur. Tetap gunakan obat sesuai dosis yang diberikan, meskipun Anda sedang menstruasi atau gejala candidiasis vagina sudah membaik.

Nystatin topikal (salep) hanya boleh digunakan di kulit. Bersihkan area yang terinfeksi, kemudian keringkan, lalu oleskan nystatin secara merata pada area tersebut.

Nystatin topikal tidak boleh terkena mata atau mulut. Segera bersihkan bagian tersebut jika tidak sengaja terkena. Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum maupun setelah memakai obat ini.

Jangan menutupi area yang telah diolesi obat ini dengan perban, kecuali atas petunjuk dokter. Menutupi area yang diolesi nystatin bisa meningkatkan risiko terjadinya iritasi. Jika obat ini diberikan pada bayi di area popok, hindari penggunaan popok yang terlalu ketat.

Jika Anda lupa menggunakan nystatin, segera gunakan obat ini bila belum mendekati jadwal berikutnya. Jika sudah mendekati, abaikan dosis yang terlewat dan jangan menggandakan dosis selanjutnya.

Jauhkan nystatin dari paparan sinar matahari dan simpan pada suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Nystatin dengan Obat Lain

Nystatin bentuk tablet vagina dapat menurunkan efektivitas progesteron. Sementara itu, nystatin oral dapat menurunkan efektivitas probiotik Saccharomyces boulardii dalam mengobati diare.

Efek Samping dan Bahaya Nystatin

Efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsi nystatin oral adalah:

  • Iritasi mulut
  • Sakit perut
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Ruam kulit

Konsultasikan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung reda atau justru memburuk. Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius, seperti:

  • Detak jantung cepat (takikardia)
  • Kesulitan bernapas atau sesak napas
  • Wajah, mata, lidah, atau tenggorokan bengkak
  • Ruam, kulit mengelupas, atau melepuh di mulut, bibir, atau mata yang disertai demam

Selain itu, nystatin topikal dan vaginal dapat menyebabkan efek samping berupa gatal-gatal atau iritasi ringan. Segera temui dokter jika Anda mengalami efek samping yang lebih serius setelah menggunakan nystatin topikal dan vaginal, seperti ruam kemerahan, nyeri, rasa terbakar, atau gatal yang parah.