Saccharomyces adalah salah salah satu jenis ragi yang termasuk dalam golongan probiotik dan memiliki peran dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan manusia. Salah satu jenis Saccharomyces yang sering digunakan sebagai probiotik adalah Saccharomyces boulardii.

Saccharomyces boulardii membantu melindungi kesehatan saluran pencernaan dengan menjaga dan mengembalikan keseimbangan flora normal yang ada di usus.

SACCHAROMYCES - alodokter

Beberapa penelitian menyatakan bahwa probiotik Saccharomyces boulardi bisa digunakan dalam pencegahan dan pengobatan diare, diare akibat penggunaan antibiotik, dan traveller’s diarrhea.

Secara alami, Saccharomyces boulardii dapat ditemukan pada kulit manggis dan leci. Selain itu,  Saccharomyces boulardii tersedia dalam bentuk suplemen.

Merek dagang saccharomyces: Normagut

Apa Itu Saccharomyces

Golongan Obat bebas
Kategori Probiotik
Manfaat Mencegah dan meredakan diare
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Saccharomyces untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.

Belum diketahui apakah Saccharomyces dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bagi ibu menyusui, konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan obat ini.

Bentuk obat Kapsul

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Saccharomyces

Sebelum mengonsumsi Saccharomyces, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan mengonsumsi Saccharomyces jika Anda alergi terhadap obat ini. Konsultasikan dengan dokter jika Anda alergi terhadap jamur.
  • Konsultasikan penggunaan Saccharomyces dengan dokter jika Anda pernah atau sedang menderita kelemahan sistem imun, intoleransi laktosa, diare, infeksi jamur di vagina yang sering berulang, infeksi saluran kemih kambuhan, diabetes, atau fenilketonuria.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Saccharomyces jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Saccharomyces jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi setelah mengonsumsi Saccharomyces.

Dosis dan Aturan Pakai Saccharomyces

Berikut ini adalah rekomendasi dosis penggunaan Saccharomyces berdasarkan usia pasien:

  • Dewasa dan anak-anak usia >12 tahun: 1 kapsul (250 mg), 1–2 kali sehari atau sesuai dengan anjuran dokter.
  • Anak-anak usia 2–12 tahun: 1 kapsul (250 mg), keluarkan isinya dan campur dengan segelas air atau jus, dikonsumsi 1–2 kali sehari atau sesuai dengan anjuran dokter.

Cara Mengonsumsi Saccharomyces dengan Benar

Sebelum mengonsumsi Saccharomyces, baca aturan penggunaan yang tertera di kemasan produk. Jika Anda ragu atau memiliki kondisi kesehatan khusus, diskusikan dengan dokter perihal dosis, pilihan produk, dan cara penggunaan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Produk probiotik yang mengandung Saccharomyces dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Konsumsi Saccharomyces sesuai dosis yang dianjurkan. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Simpan produk yang mengandung Saccharomyces di dalam suhu ruangan dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Saccharomyces dengan Obat Lain

Saccharomyces dapat menimbulkan efek interaksi obat berupa penurunan efektivitas Saccharomyces jika digunakan dengan obat antijamur, seperti nystatin, ketoconazole, clotrimazole, dan griseofulvin.

Produk probiotik yang mengandung campuran Saccharomyces dengan bakteri baik lainnya juga dapat mengalami penurunan efektivitas jika digunakan dengan antibiotik.

Efek Samping dan Bahaya Saccharomyces

Beberapa efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsi Saccharomyces adalah:

Selain itu, walaupun jarang terjadi, mengonsumsi produk probiotik yang mengandung Saccharomyces juga bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi. Segera ke dokter jika Anda mengalami keluhan, seperti demam, menggigil, atau batuk yang tidak kunjung mereda.

Anda juga harus segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi produk probiotik yang mengandung Saccharomyces.