Demam adalah meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 380C. Kondisi ini bisa menandakan adanya penyakit atau kondisi tertentu di dalam tubuh. Demam dapat terjadi pada siapa pun, mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Demam umumnya terjadi sebagai reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi kuman penyebab penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyebabkan demam adalah flu, radang tenggorokan, dan infeksi saluran kemih.

Demam - Alodokter

Selain penyakit, demam juga bisa terjadi akibat paparan cuaca dan suhu panas yang berlebihan, siklus menstruasi, reaksi setelah imunisasi pada anak, atau efek samping obat-obatan tertentu.

Meski kadang mengkhawatirkan, sebagian besar demam yang disebabkan oleh infeksi virus akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika demam sudah mencapai suhu lebih dari 390C, diperlukan penanganan untuk mengatasi ketidaknyamanan akibat demam dan mengobati penyebabnya.

Perlu diketahui bahwa demam merupakan salah satu gejala yang umum dialami oleh penderita COVID-19. Oleh karena itu, jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalami demam, segera periksakan ke dokter untuk memastikan kondisi. Klik tautan di bawah ini agar Anda dapat diarahkan ke fasilitas kesehatan terdekat:

Gejala dan Penyebab Demam

Demam ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 380C. Normalnya, suhu tubuh berkisar antara 36,10C sampai 37,20C.

Demam merupakan gejala dari kondisi atau penyakit tertentu. Biasanya, demam akan disertai gejala lain dari kondisi yang mendasarinya. Beberapa gejala penyerta tersebut adalah:

  • Sakit kepala
  • Berkeringat
  • Menggigil
  • Lemas
  • Nyeri otot
  • Hilang nafsu makan

Demam dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti:

Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan demam disesuaikan dengan penyebabnya. Pada demam yang disebabkan oleh infeksi, dokter akan memberikan obat, seperti:

  • Obat antivirus
  • Obat antibiotik
  • Obat antijamur

Demam dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Hal tersebut dapat diatasi dengan istirahat dan minum air putih yang cukup, serta mengonsumsi obat penurun demam, misalnya paracetamol.

Demam dapat dicegah hanya jika kondisi atau penyakit yang menyebabkan demam dapat dihindari. Misalnya dengan menjalani pola hidup bersih dan sehat, untuk mencegah demam yang disebabkan oleh infeksi.