Demam dengan suhu yang tidak terlalu tinggi dan tidak berlangsung lama biasanya tidak membutuhkan obat penurun demam. Namun untuk mengatasi ketidaknyamanan tubuh, ada beberapa obat penurun demam yang bisa dibeli secara bebas di toko obat. Disarankan untuk menemui dokter jika suhu demam semakin tinggi atau tidak membaik setelah tiga hari.

Berikut ini adalah beberapa contoh obat untuk mengatasi demam akibat infeksi:

  • Parasetamol dan ibuprofen. Orang yang mengalami demam bisa merasa tidak nyaman. Minum obat sesuai dosis dan aturan pakai atau sesuai anjuran dokter. Penggunaan parasetamol dalam jumlah banyak dan jangka panjang bisa merusak hati atau ginjal. Kedua obat ini bisa dibelu langsung di apotek.
  • Aspirin. Obat ini khusus untuk orang dewasa. Jangan diberikan pada anak-anak. Obat ini bisa memicu terjadinya sindrom Reye, yaitu penyakit yang bisa memengaruhi otak dan juga hati. Aspirin dapat dibeli tanpa memerlukan resep dokter.
  • Antibiotik. Obat ini diberikan sesuai resep dari dokter jika terdapat kecurigaan adanya infeksi bakteri yang menyebabkan demam, misalnya pneumonia.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu meredakan demam:

  • Istirahat. Anda butuh cukup istirahat untuk memulihkan diri dan membantu kekebalan tubuh. Terlalu banyak beraktivitas dapat meningkatkan suhu tubuh.
  • Gunakan pakaian tipis dan tetap berada di ruangan dengan udara yang sejuk.
  • Minum air secara cukup untuk menghindari dehidrasi. Demam bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan.

Komplikasi yang diakibatkan demam bisa berupa dehidrasi parah, halusinasi, serta kejang-kejang.