Perut kembung adalah kondisi ketika perut terasa kencang, penuh, dan terlihat membesar. Kondisi ini terjadi karena gas di perut terlalu banyak sehingga menimbulkan kram atau rasa tidak nyaman di perut.

Ketika seseorang makan atau minum, ada udara atau gas yang ikut tertelan dan masuk ke kerongkongan dan menuju perut. Gas tersebut dapat naik kembali ke kerongkongan dan dikeluarkan melalui sendawa, atau ke perut dan dikeluarkan melalui kentut atau buang angin.

Perut Kembung-Alodokter

Penyebab dan Gejala Perut Kembung

Gas bisa masuk ke tubuh ketika makan, minum, merokok, atau mengunyah permen karet. Selain itu, perut kembung juga bisa terjadi akibat produksi gas oleh bakteri di usus.

Perut kembung umumnya disertai dengan gejala lain, seperti sering bersendawa, perut nyeri saat ditekan, perut terlihat lebih membesar dari biasanya, dan sering buang gas.

Pengobatan dan Pencegahan Perut Kembung

Perut kembung dapat ditangani dengan mengatur pola makan, seperti membatasi konsumsi beberapa jenis makanan, termasuk kacang-kacangan, brokoli, kol, dan gandum utuh. Penggunaan obat yang dijual di apotek, seperti simethicone dan suplemen probiotik, juga dapat mengobati perut kembung.

Membatasi asupan makanan penyebab perut kembung merupakan salah satu cara mencegah terjadinya keluhan tersebut. Selain itu, cara mencegah perut kembung bisa dilakukan dengan mengunyah makanan secara perlahan, membatasi konsumsi minuman bersoda, dan berhenti merokok.