Simethicone adalah obat untuk mengatasi sendawa, perut kembung, atau rasa tidak nyaman di perut akibat peningkatan produksi gas pada saluran pencernaan. Obat ini juga bisa digunakan untuk menangani kolik pada bayi.

Simethicone bekerja dengan cara mengurangi tegangan pada gelembung gas, sehingga gelembung gas dapat diurai. Dengan begitu, aliran gas menjadi lancar dan keluhan akibat peningkatan produksi gas juga bisa mereda.

simethicone-alodokter

Merek dagang simethicone: Gastulen, Hufamag, Lambucid, Magnidicon, Mylanta, Neolanta, Polysilane, Simeco, Stromag

Apa Itu Simethicone

Golongan Obat bebas
Kategori Antiflatulensi
Manfaat Mengatasi kembung atau gejala akibat peningkatan produksi gas di lambung
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Simethicone untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Simethicone belum diketahui dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Tablet dan sirop

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Simethicone

Simethicone tidak boleh digunakan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi simethicone, yaitu:

  • Jangan mengonsumsi simethicone jika Anda alergi terhadap obat ini. Selalu beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Hindari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan gas, seperti minuman berkarbonasi atau bersoda selama menjalani pengobatan dengan obat ini.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah mengonsumsi simethicone.

Dosis dan Aturan Pakai Simethicone

Dosis umum simethicone untuk mengatasi perut kembung adalah 100–250 mg, 3–4 kali sehari. Obat ini dapat dikonsumsi bersama antasida.

Untuk mengatasi kolik pada bayi, dosisnya adalah 20–40 mg, 4 kali sehari. Dosis tidak boleh lebih dari 240 mg per hari.

Cara Mengonsumsi Simethicone dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca petunjuk yang tertera pada kemasan simethicone sebelum mengonsumsinya. Jangan mengubah dosis tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Jika Anda mengonsumsi simethicone dalam bentuk tablet kunyah, konsumsi obat dengan mengunyahnya terlebih dahulu sebelum menelannya, agar obat dapat bekerja lebih cepat.

Untuk simethicone dalam bentuk sirop, gunakan sendok takar yang sudah tersedia dalam kemasannya, agar dosis yang dikonsumsi tepat. Kocok obat terlebih dahulu sebelum diminum.

Konsumsi simethicone pada waktu yang sama setiap harinya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jika lupa mengonsumsi simethicone, segera konsumsi apabila jeda dengan dosis berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Simpan simethicone di dalam wadah tertutup untuk menghindari paparan sinar matahari langsung, simpan pada suhu ruangan, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Simethicone dengan Obat Lain

Simethicone dapat menimbulkan efek interaksi antarobat jika digunakan dengan obat-obatan lain. Salah satunya adalah terganggunya penyerapan dan efektivitas obat-obatan untuk penyakit tiroid, seperti levothyroxine, liothyronine, atau liotrix.

Efek Samping dan Bahaya Simethicone

Jika dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan, obat ini jarang menimbulkan efek samping. Namun, jika setelah mengonsumsi simetichone Anda mengalami keluhan tertentu atau reaksi alergi obat yang bisa ditandai dengan bengkak di bibir dan kelopak mata, muncul ruam yang gatal di kulit, atau sulit bernapas, segera periksakan ke dokter.