Polysilane adalah obat untuk meredakan gejala sakit maag dan perut kembung akibat kelebihan asam lambung. Dokter juga dapat menggunakan polysilane dalam penanganan tukak lambung, ulkus duodenum, atau asam lambung naik (GERD).

Polysilane mengandung bahan utama antasida, seperti aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan kalsium karbonat. Antasida bekerja dengan cara menetralkan asam lambung sehingga bisa meredakan keluhan akibat peningkatan asam lambung, seperti nyeri ulu hati atau mual.

Polysilane - Alodokter

Selain antasida, beberapa jenis produk Polysilane juga mengandung bahan tambahan lain, seperti simethicone, dimethicone, dan famotidine. Simethicone dan dimethicone berfungsi sebagai pengurai gas di dalam saluran pencernaan, sedangkan famotidine bekerja dengan cara mengurangi produksi asam lambung. Obat-obat ini sering digunakan sebagai obat maag.

Jenis Produk dan Kandungan Polysilane

Polysilane memiliki rasa mint yang segar sehingga tidak membuat mual atau enek saat diminum. Berikut ini adalah varian produk Polysilane yang tersedia di Indonesia:

1. Polysilane Tablet Kunyah

Tiap tablet Polysilane mengandung 200 mg aluminium hidroksida, 200 mg magnesium hidroksida, dan 80 mg simethicone. Polysilane Tablet Kunyah dapat bekerja secara cepat dalam meredakan asam lambung.

2. Polysilane Suspensi

Tiap 5 ml Polysilane Suspensi mengandung 200 mg aluminium hidroksida, 200 mg magnesium hidroksida, dan 80 mg simethicone. Sama seperti Polysilane Tablet Kunyah, Polysilane Suspensi juga memberikan efek yang cepat dalam meredakan asam lambung.

3. Polysilane Kaplet

Tiap kaplet Polysilane mengandung 200 mg aluminium hidroksida, 200 mg magnesium hidroksida, dan 80 mg dimethicone. Polysilane Kaplet bisa menjadi pilihan jika Anda tidak suka mengunyah obat.

4. Polysilane Max

Polysilane Max tersedia dalam bentuk tablet kunyah dengan rasa peppermint dan rasa blueberry. Tiap tablet Polysilane Max mengandung kalsium karbonat 800 mg, magnesium hidroksida 165 mg, dan famotidine 10 mg. Polysilane Max cocok digunakan untuk sakit maag yang sering kambuh atau sudah berlangsung lama.

5. Polysilane Junior

Polysilane Junior tersedia dalam bentuk kapsul. Tiap kapsul mengandung 40 mg simethicone. Polysilane Junior dapat digunakan untuk mengobati kembung, mengurangi muntah setelah minum susu, atau perut tegang karena gas, pada bayi dan anak-anak.

Apa Itu Polysilane

Golongan Obat bebas untuk Polysilane Tablet Kunyah, Polysilane Suspensi, Polysilane Kaplet, dan Polysilane Junior.
Obat bebas terbatas untuk Polysilane Max.
Manfaat Meredakan sakit maag dan perut kembung
Kategori Obat antasida, antiflatulensi, antagonis H-2
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Polysilane untuk ibu hamil dan Menyusui Polysilane Tablet Kunyah/Suspensi/Kaplet
Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping dari simethicone terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.
Polysilane Max
Kategori B: Studi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.Jika Anda sedang hamil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan obat ini.
Selama digunakan sesuai aturan pakai, semua jenis produk Polysilane aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.
Bentuk Obat Tablet kunyah, kapsul, kaplet, atau suspensi

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Polysilane

Polysilane tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan obat ini, yaitu:

  • Jangan mengonsumsi produk Polysilane jika Anda alergi terhadap kandungan yang ada di dalam produk ini.
  • Konsultasikan dengan dokter sebelum berencana memberikan produk Polysilane kepada anak-anak.
  • Sebelum mengonsumsi Polysilane, konsultasikan dengan dokter jika keluhan yang Anda alami sudah berlangsung lama (>2 minggu), disertai penurunan berat badan yang signifikan, muntah-muntah, atau feses yang kental dan hitam seperti aspal.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal konsumsi produk Polysilane jika Anda menderita penyakit ginjal atau hipermagnesemia.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Polysilane jika Anda sedang menjalani diet atau pola makan rendah magnesium atau diet rendah fosfor.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal konsumsi Polysilane Max jika Anda menderita gangguan sistem kekebalan tubuh, penyakit liver, asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), atau penyumbatan di usus atau lambung.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana menggunakan Polysilane bersama obat lain, termasuk suplemen atau produk herbal, untuk mengantisipasi interaksi antarobat.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan Polysilane jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Polysilane tidak dianjurkan untuk digunakan terus-menerus. Informasikan kepada dokter jika keluhan tidak kunjung mereda setelah 2 minggu menggunakan produk ini.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat setelah mengonsumsi Polysilane.

Dosis dan Aturan Pakai Polysilane

Dosis Polysilane dapat berbeda-beda pada tiap pasien. Berikut adalah dosis umum Polysilane berdasarkan usia pasien dan jenis produknya:

Polysilane Tablet Kunyah dan Polysilane Kaplet

Polysilane Tablet Kunyah dan Kaplet dikonsumsi 1–2 jam sebelum atau setelah makan dan menjelang waktu tidur.

  • Dewasa dan anak usia >12 tahun: 1–2 tablet atau kaplet, 3–4 kali sehari.
  • Anak usia 6–12 tahun: ½–1 tablet atau kaplet, 3–4 kali sehari.

Polysilane Suspensi

Polysilane suspensi dikonsumsi 1–2 jam sebelum atau setelah makan dan menjelang waktu tidur.

  • Dewasa dan anak-anak usia >12 tahun: 5–10 ml atau 1–2 sendok takar, 3–4 kali sehari.
  • Anak usia 6–12 tahun: 2,5–5 ml atau ½–1 sendok takar, 3–4 kali sehari.

Polysilane Max

Polysilane Max sebaiknya dikonsumsi sesaat sebelum tidur

  • Dewasa dan anak usia >12 tahun: 1–2 tablet kunyah dalam sehari.

Polysilane Junior

Polysilane Junior dikonsumsi saat makan dan menjelang tidur

  • Anak-anak usia 2–12 tahun: 1 kapsul, 4 kali sehari.

Cara Mengonsumsi Polysilane dengan Benar

Konsumsilah Polysilane sesuai anjuran dokter atau aturan pakai yang terdapat pada kemasan. Jangan mengonsumsi Polysilane melebihi dosis yang dianjurkan.

Polysilane Tablet Kunyah dan Poysilane Max perlu dikunyah hingga lumat sebelum ditelan dengan bantuan air putih. Sementara Polysilane Kaplet perlu ditelan dengan utuh. Bila akan mengonsumsi Polysilane Suspensi, kocok obat sebelum dikonsumsi. Gunakan sendok takar agar dosis yang dikonsumsi tepat.

Untuk Polysilane Junior, buka kapsul dan campurkan isinya dengan susu/ASI atau makanan sebelum diberikan kepada anak. Berikan campuran tersebut menggunakan sendok. Jika obat dicampur di dalam botol, gunakan botol dot dengan lubang yang sedikit lebih besar dari biasanya.

Semua jenis produk Polysilane dikonsumsi hanya ketika ada keluhan. Namun, hentikan penggunaan obat ini dan konsultasikan ke dokter jika keluhan belum membaik setelah 2 minggu. Untuk bayi dan anak-anak, konsultasikan dengan dokter jika keluhan perut kembung tidak langsung membaik setelah menggunakan Polysilane Junior.

Simpan Polysilane dalam wadah tertutup di ruangan bersuhu yang sejuk. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangkauan anak-anak.

Interaksi Polysilane dengan Obat Lain

Produk Polysilane dapat menimbulkan efek interaksi antarobat jika digunakan dengan obat-obatan tertentu. Berikut adalah rinciannya:

Polysilane Tablet Kunyah, Polysilane Suspensi, dan Polysilane Kaplet

Kandungan aluminium. Magnesium, atau simethicone di dalam Polysilane jenis ini dapat menurunkan penyerapan dan efektivitas obat-obatan di bawah ini:

Polysilane Max

Kandungan Polysilane Max bisa menurunkan efektivitas benzodiazepine, ketoconazole, penghambat beta, nifedipine, phenytoin, atau aspirin. Obat ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping jika digunakan dengan theophyline dan clarithromycin.

Polysilane Junior

Polysilane Junior dapat digunakan dengan obat lain tanpa interaksi obat yang signifikan. Namun, simethicone dalam obat ini dapat menurunkan penyerapan hormon tiroid sintetis, seperti levothyroxine.

Efek Samping dan Bahaya Polysilane

Berikut adalah efek samping yang bisa terjadi setelah menjalani pengobatan dengan produk Polysilane:

  • Mual atau muntah
  • Sembelit atau malah diare
  • Sakit kepala

Efek samping di atas umumnya akan hilang bila pemakaian obat dihentikan. Periksakan ke dokter jika efek samping di atas tidak kunjung reda atau justru memburuk.

Polysilane Max dapat menyebabkan efek samping gangguan irama jantung. Segera ke dokter jika Anda merasakan gejala jantung berdebar atau berdetak tidak beraturan dan kepala terasa ringan seperti akan pingsan.

Segera ke dokter jika terjadi reaksi alergi yang berat setelah mengonsumsi Polysilane jenis apa pun.