Sakit maag atau dispepsia adalah rasa tidak nyaman di perut, seperti perut terasa penuh, rasa panas pada perut bagian atas, serta kembung. Gejala ini paling sering terjadi selama atau beberapa saat setelah makan.

Sakit maag merupakan penyakit yang sangat umum terjadi dan biasanya bersifat ringan. Tergantung pada penyebabnya, sakit maag bisa berlangsung sesekali atau bahkan setiap hari.

sakit maag-alodokter

Penyebab dan Gejala Sakit Maag

Sakit maag dapat disebabkan oleh penyakit, seperti tukak lambung, infeksi bakteri Helicobacter pylori, atau peradangan pada lambung (gastritis). Penggunaan obat-obatan, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), juga dapat menyebabkan sakit maag.

Sakit maag dapat menimbulkan beberapa gejala, yaitu:

  • Nyeri di perut bagian atas
  • Perut kembung
  • Perut mudah terasa penuh, baik ketika makan maupun setelah makan
  • Sering bersendawa dan kentut

Pengobatan dan Pencegahan Sakit Maag

Sakit maag umumnya bersifat ringan dan membaik dengan mengubah pola hidup. Namun, jika sakit maag berlangsung secara terus-menerus atau memburuk, segera ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sakit maag dapat dicegah dengan membatasi konsumsi makanan yang pedas atau berlemak, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, mengelola stres dengan baik, dan tidak merokok.