Orang kadang merasa sakit kepala atau mengalami ‘otak beku’ saat makan es krim. Jika pernah mengalaminya, Anda tidak perlu khawatir, sebab kondisi ini normal terjadi sebagai respons tubuh terhadap perubahan suhu mendadak di mulut.

Meski sering disebut otak beku atau brain freeze, sebenarnya tidak ada gangguan tertentu di dalam otak saat Anda mengonsumsi es krim. Kondisi ini dapat terjadi karena bagian tubuh pertama yang terpengaruh oleh dinginnya es krim adalah pembuluh darah yang berhubungan langsung dengan otak sehingga kerap menimbulkan sakit kepala.

Otak Beku Ketika Makan Es Krim, Ini Sebabnya - Alodokter

Sensasi beku dan sakit kepala yang muncul setelah mengonsumsi es krim biasanya dirasakan di bagian dahi dan bersifat sementara, yaitu sekitar 1 menit saja.

Alasan Es Krim Membuat Otak Beku

Menurut para ahli, sensasi otak beku terjadi ketika es krim yang dingin menyentuh bagian tengah atau belakang langit-langit mulut.

Ketika makanan atau minuman dingin menyentuh bagian tersebut secara tiba-tiba, pembuluh darah di area kepala akan menyempit dan aliran darah ke otak pun menurun. Penyempitan yang cepat dan tiba-tiba inilah yang menyebabkan sakit kepala singkat seolah-olah kepala membeku dan ditusuk-tusuk.

Meski begitu, peristiwa otak beku merupakan kondisi yang wajar sebagai cara tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan suhu yang terjadi secara tiba-tiba.

Sakit kepala atau otak beku ini sebenarnya bukan hanya dipicu oleh es krim, tetapi juga makanan atau minuman apa pun yang sangat dingin, misalnya es batu. Meski bisa dialami oleh siapa saja, sensasi otak beku lebih sering terjadi pada penderita sakit kepala migrain.

Cara Mengatasi Otak Beku karena Es Krim

Kondisi otak beku dapat diatasi dengan mudah tanpa membutuhkan pengobatan medis tertentu. Sensasi ini biasanya bisa hilang dengan cepat dalam waktu 30–60 detik setelah makanan atau minuman dingin yang ada di dalam mulut ditelan.

Anda juga bisa coba menempelkan lidah ke langit-langit mulut guna menghantarkan hangat dari lidah ke bagian tersebut. Tekan langit-langit mulut Anda dengan lidah sampai sensasi otak beku itu benar-benar hilang.

Untuk menghindari otak beku, Anda disarankan untuk makan es krim atau minuman dingin lainnya secara perlahan. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih dan menyikat gigi setelah makan es krim. Hal ini penting dilakukan agar sisa es krim tidak tertinggal di dalam mulut dan menyebabkan kerusakan gigi.

Biasanya, peristiwa otak beku karena es krim atau makanan dingin lainnya tidak berbahaya. Namun, pada kasus yang jarang terjadi, konsumsi makanan dan minuman dingin bisa saja memicu fibrilasi atrium, yaitu kondisi ketika jantung berdenyut secara tidak teratur.

Oleh karena itu, Jika Anda merasakan sensasi otak beku atau sakit kepala lebih dari 5 menit dan disertai dengan jantung berdebar, pusing, serta sesak napas, segeralah periksakan diri ke dokter.