Kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga semakin besar. Sekarang, makin banyak orang-orang yang mulai ingin meraih sebanyak mungkin manfaat dari olahraga, sehingga tidak sedikit yang mempertanyakan kapan waktu yang tepat untuk olahraga agar manfaat yang diperoleh dapat lebih maksimal.

Tidak ada patokan pasti kapan waktu yang tepat untuk olahraga. Pasalnya, olahraga yang dilakukan pada pagi, sore, atau malam hari memiliki kelebihan masing-masing dan tetap membawa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Inilah Waktu yang Tepat untuk Olahraga - Alodokter

Manfaat Olahraga pada Pagi Hari

Banyak orang yang menganggap pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk olahraga. Alasannya, pada pagi hari udara masih segar, terlebih jika olahraga dilakukan di luar rumah. Ini memang merupakan salah satu kelebihan olahraga di pagi hari. Namun, masih ada kelebihan lainnya, yaitu:

  • Membuat tubuh lebih berenergi.
  • Meningkatkan mood atau suasana hati sepanjang hari karena pada pagi hari otak melepas hormon endorfin, yaitu hormon yang merangsang perasaan bahagia.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang terbakar dalam sehari cenderung lebih banyak.
  • Membuat pola hidup menjadi lebih sehat karena orang yang berolahraga di pagi hari cenderung akan memilih mengonsumsi makanan yang lebih sehat di siang dan malam harinya.
  • Meningkatkan performa kerja, karena olahraga pagi terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan mengambil keputusan
  • Membantu mengontrol nafsu makan di sepanjang hari dan membantu menurunkan berat badan.

Jika ingin menurunkan berat badan, Anda dapat berolahraga di pagi hari dengan kondisi perut kosong. Olahraga saat perut kosong dapat membakar lemak 20% lebih banyak dibandingkan bila sudah sarapan. Namun, pastikan Anda memang kuat untuk berolahraga tanpa makan terlebih dahulu.

Manfaat Olahraga pada Sore dan Malam Hari

Sebagian orang yang tidak sempat berolahraga di pagi hari memilih untuk melakukannya di sore atau malam hari. Anda yang memilih untuk berolahraga di sore atau malam hari tak perlu khawatir karena keduanya bisa menjadi waktu yang tepat untuk olahraga. Ada beragam kelebihan dari berolahraga di waktu ini, di antaranya adalah:

  • Otot-otot berada pada kondisi yang ideal untuk berolahraga karena pada sore hari suhu tubuh meningkat dan dapat menghangatkan otot.
  • Olahraga bisa dilakukan lebih intens karena pada sore hari kekuatan dan daya tahan saat berolahraga lebih tinggi dibanding dengan pagi hari.
  • Bisa bersosialisasi dengan banyak orang karena lebih banyak orang yang memilih untuk melakukan olahraga di sore atau malam hari setelah beraktivitas.
  • Membantu menghilangkan stres, sehingga dapat membuat pikiran Anda lebih rileks setelah melalui pekerjaan atau pelajaran yang membebani pikiran.
  • Bisa melakukan olahraga yang membutuhkan kecepatan tinggi karena pada sore hari tubuh lebih lincah dan lebih tanggap terhadap reaksi.
  • Penggunaan energi cenderung lebih efektif karena pada sore hari oksigen diserap lebih cepat daripada pagi hari.

Tidak ada bukti penelitian yang menjelaskan tentang waktu yang tepat untuk olahraga. Hal ini karena setiap orang memiliki ritme sirkadian tubuh yang berbeda. Ritme sirkadian adalah ritme yang mengatur keadaan fisik, mental, dan perilaku seseorang dalam 24 jam.

Seseorang bisa saja merasa lebih energetik dan lebih kuat untuk berolahraga di sore hari dibandingkan dengan pagi hari, begitu juga sebaliknya. Anda bisa menentukan satu waktu yang tepat untuk olahraga sesuai dengan ritme sirkadian tubuh dan kenyamanan Anda dalam melakukannya.

Berolahraga, kapan pun itu, akan lebih bermanfaat daripada tidak berolahraga sama sekali. Jadi sebenarnya, tidak perlu terlalu pusing memikirkan waktu yang tepat untuk olahraga.

Namun bila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya yang mengharuskan Anda untuk minum obat tertentu di pagi atau sore hari, ada baiknya untuk mendiskusikan ini dengan dokter Anda terlebih dahulu.