Gula darah rendah atau hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah atau glukosa di dalam tubuh berada di bawah kadar normal. Jika kadar glukosa sangat rendah, tubuh akan kekurangan energi sehingga akan mengganggu aktivitas Anda, bahkan dapat menyebabkan kehilangan kesadaran.

Penyebab paling umum terjadinya gula darah rendah adalah ketika seseorang terlambat makan dari waktu makan biasanya. Selain itu, gula darah rendah lebih sering terjadi pada penderita diabetes karena penggunaan obat-obatan insulin atau obat antidiabetes yang diminum.

Cegah Gula Darah Rendah dengan Cara Ini - Alodokter

Risiko penurunan gula darah akan lebih besar pada penderita diabetes yang berolahraga lebih berat daripada biasanya, makan lebih sedikit daripada biasanya atau menjalani diet yang terlalu ketat, dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Cara Mencegah Gula Darah Rendah

Bagi Anda yang rentan terserang hipoglikemia, atau penderita diabetes yang ingin menghindari gula darah rendah, beberapa cara berikut ini dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kondisi tersebut:

1. Memeriksa kadar gula darah secara teratur

Rajin-rajinlah memeriksa kadar gula darah sesuai anjuran dari dokter. Anda dapat melakukan pemeriksaan gula darah sendiri menggunakan glukometer (alat pengukur gula darah) di rumah. Pelajari cara penggunaannya sesuai petunjuk pemakaian alat atau pengarahan dokter.

2. Mengatur pola makan yang teratur

Usahakan untuk mengatur jadwal makan menjadi tiga kali makan besar yang diselingi dengan makanan ringan. Atur jadwal makan Anda agar berselang 4–5 jam sekali, dan jangan pernah melewatkan waktu makan. Jangan lupa juga untuk mengganti kalori yang terbuang apabila Anda merasa telah beraktivitas lebih banyak daripada biasanya.

3. Pilih menu makanan seimbang

Konsumsi menu makan seimbang dapat membantu mencegah Anda dari kondisi gula darah rendah.

Pastikan untuk mencukupi asupan protein, seperti daging ayam tanpa kulit, ikan, telur, kacang kedelai, atau tahu dan tempe, dalam menu makanan Anda. Protein akan merangsang pengeluaran insulin dan memperlambat pengosongan usus sehingga kadar gula darah akan lebih stabil.

Selain itu, jangan lewatkan karbohidrat kompleks yang bisa didapat dari beras merah atau roti gandum. Lengkapi diet sehatmu dengan buah-buahan yang merupakan sumber gula alami, seperti buah semangka, pisang, pir, manga, dan anggur.

4. Sedia camilan

Sebisa mungkin siapkan makanan ringan yang mengandung karbohidrat dan protein di mana pun Anda berada. Makanan ringan atau camilan diketahui dapat membantu mencegah gula darah rendah.

Selain itu, bagi Anda yang menderita diabetes disarankan untuk selalu mematuhi petunjuk dokter dalam mengonsumsi obat-obat antidiabetes, termasuk insulin. Aturan pola makan dari dokter atau ahli gizi Anda juga harus dipatuhi. Tujuannya adalah agar gula darah tetap stabil dan terhindar dari komplikasi kadar gula darah rendah.

Mengendalikan kadar gula darah untuk menghindari gula darah rendah memang membutuhkan kedisiplinan, terutama dalam mengatur pola makan. Namun, kadang pengaturan pola makan saja belum cukup. Jadi jangan ragu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.