Payudara bengkak dan rasa tidak nyaman kerap dirasakan setelah menyapih. Namun, Bunda tidak perlu cemas, karena ada cara perawatan payudara yang dapat Bunda coba lakukan untuk mengatasinya.

Menyapih adalah proses menghentikan pemberian ASI melalui payudara ke anak. Proses ini umumnya bisa berdampak pada berubahnya bentuk payudara, seperti payudara terlihat kendur atau asimetris.

Perawatan Payudara yang Tepat Setelah Menyapih - Alodokter

Selain itu, proses penyapihan juga sebaiknya dilakukan secara perlahan dan bertahap. Penyapihan yang dilakukan secara tiba-tiba dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah pada payudara, seperti pembengkakan atau peradangan pada payudara.

Oleh karena itu, diperlukan perawatan payudara yang tepat setelah menyapih guna menurunkan risiko terjadinya masalah kesehatan pada payudara.

Cara Merawat Payudara Setelah Menyapih

Selama proses penyapihan, Bunda perlu melakukan perawatan payudara yang baik dan benar untuk mencegah atau mengatasi rasa tidak nyaman pada payudara. Berikut ini adalah beberapa cara merawat payudara setelah menyapih yang bisa Bunda lakukan:

1. Memompa ASI secara rutin

Jika payudara terasa penuh dan menimbulkan rasa tidak nyaman, Bunda dapat memompa ASI hingga payudara terasa kosong. Cara ini dapat mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman yang muncul.

2. Memijat payudara

Jika payudara terasa nyeri, Bunda bisa memijat payudara dengan lembut sambil sesekali memeriksa apakah masih ada ASI yang keluar. Hal ini dapat mengurangi nyeri pada payudara dan membuat payudara Bunda terasa lebih nyaman.

3. Memberikan kompres dingin pada payudara

Kompres dingin juga dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri pada payudara. Bunda dapat mengompres payudara menggunakan es batu yang dibungkus kain atau kain bersih yang telah direndam di dalam air dingin.

4. Mengenakan bra yang nyaman

Agar payudara terasa lebih nyaman, gunakan bra yang ukurannya pas. Jika perlu, Bunda bisa mengenakan bra khusus atau supportive bra agar payudara terasa lebih nyaman saat beraktivitas selama masa menyapih.

5. Mengonsumsi obat-obatan

Jika nyeri payudara yang dirasakan sangat mengganggu, Bunda bisa mengonsumsi pereda nyeri yang dijual bebas, seperti paracetamol atau ibuprofen. Meski demikian, agar lebih aman, Bunda tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tersebut.

Jika masalah pada payudara setelah menyapih yang Bunda rasakan tak kunjung reda, segera periksakan diri ke dokter. Hal ini dilakukan agar Bunda terhindar dari berbagai komplikasi yang serius, terlebih jika keluhan yang Bunda alami disertai demam dan nyeri hebat.