Salah satu keluhan pada gigi yang umum dialami adalah rasa ngilu. Keluhan ini bisa terjadi akibat gigi Anda sensitif atau berlubang. Meski sekilas mirip, ada beberapa hal yang bisa membedakan ngilu akibat gigi sensitif dan gigi berlubang, lho.

Gigi ngilu bisa terjadi apabila saraf gigi terekspos rangsangan dari luar. Hal ini bisa terjadi karena kondisi enamel (lapisan terluar gigi) yang memang tipis, rusak, atau terkikis, bisa juga karena gigi berlubang.

Perbedaan Ngilu Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang, serta Cara Mengatasinya - Alodokter

Secara sekilas, ngilu akibat gigi sensitif dan gigi berlubang terasa mirip. Pemicunya pun sama, yaitu makanan atau minuman yang dingin, panas, manis, atau asam, menyikat gigi, atau udara dingin. Meski begitu, jika pernah mengalami gigi ngilu akibat kedua kondisi ini, Anda mungkin bisa merasakan perbedaannya.

Perbedaan Ngilu Akibat Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Rasa ngilu, baik pada gigi sensitif maupun gigi berlubang, sama-sama muncul saat ada pemicu. Bedanya, pada gigi sensitif, rasa ngilu umumnya muncul hampir pada seluruh gigi. Rasa ngilu ini juga biasanya bersifat lebih ringan dan sementara.

Sementara itu, ngilu yang muncul karena gigi berlubang hanya terasa di area yang mengalami kerusakan. Ngilu yang muncul juga cenderung lebih tajam, tergantung pada tingkat kerusakan gigi. Rasa ngilu juga biasanya terasa lebih parah saat mengunyah.

Cara Mengatasi Ngilu Akibat Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Penanganan untuk mengatasi ngilu akibat gigi sensitif dan gigi berlubang pun berbeda. Gigi berlubang tentu memerlukan pemeriksaan dan penanganan oleh dokter gigi. Sedangkan untuk meredakan ngilu karena gigi sensitif, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif

Pilih pasta gigi yang dibuat khusus untuk gigi sensitif. Pasta gigi ini umumnya mengandung bahan yang tidak mengiritasi enamel gigi Anda. Pasta gigi khusus gigi sensitif tertentu juga mengandung strontium chloride yang dapat meredakan kepekaan gigi terhadap makanan atau minuman penyebab gigi ngilu.

Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut

Pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan sikat gigi Anda secara perlahan untuk mengangkat sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Jangan menyikat gigi terlalu keras, karena ini akan membuat lapisan enamel gigi menjadi lebih tipis dan gigi semakin sensitif.

Kumur dengan air garam

Air garam diketahui dapat membantu meredakan ngilu akibat gigi sensitif. Selain itu, berkumur air garam juga dapat membantu mengangkat sisa makanan yang mungkin masih menempel di sela-sela gigi dan berpotensi menyebabkan infeksi bakteri.

Apabila gigi Anda sering terasa ngilu, cobalah perkirakan apakah penyebabnya adalah gigi sensitif atau gigi berlubang, dengan mengenali perbedaannya. Jika kira-kira gigi ngilu yang Anda alami disebabkan oleh gigi sensitif, Anda bisa melakukan cara-cara di atas untuk meredakannya.

Namun, bila keluhan gigi ngilu yang Anda rasakan tidak kunjung membaik, semakin parah, atau disertai gejala lain yang mengganggu, segera periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.