Petroleum jelly serbaguna telah lama digunakan untuk menghapus make up di wajah hingga mengatasi berbagai masalah kulit. Oleh karena itu, tidak heran jika produk ini disarankan untuk selalu tersedia di rumah.

Walau ada kata jelly pada produk ini, petroleum jelly bukanlah makanan dan tidak untuk dimakan. Petroleum jelly merupakan campuran minyak mineral dan wax (lilin) hingga membentuk zat lemak semisolid. Petroleum jelly memiliki bentuk mirip balsam dengan tekstur licin dan lengket.

7 Manfaat Petroleum Jelly Serbaguna - Alodokter

Beragam Manfaat Petroleum Jelly yang Bisa Diperoleh

Berikut ini adalah beberapa manfaat petroleum jelly serbaguna:

1. Melembapkan kulit kering

Salah satu manfaat petroleum jelly yang dikenal luas adalah membantu menjaga kelembapan kulit dan mengatasi kulit kering.

Kulit kering disebabkan oleh hilangnya air di lapisan atas kulit. Emolien atau pelembap seperti petroleum jelly berfungsi membentuk lapisan minyak di bagian atas kulit, guna menahan air di dalam kulit tidak menguap.

Karena hanya terdiri dari bahan baku tunggal, petroleum jelly pun terasa sangat lembut di kulit.

2. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Kurang minum, seperti saat sedang puasa, bisa membuat bibir menjadi kering. Jika bibir Anda kering dan pecah-pecah saat puasa, perbanyak minum air putih dan bantu obati dengan mengoleskan petroleum jelly serbaguna.

Agar bibir tidak semakin kering, disarankan untuk tidak menjilat dan menggigit bibir, serta menghindari paparan sinar matahari.

3. Melembapkan rongga hidung

Rongga hidung yang kering rentan mengalami mimisan. Agar bagian dalam hidung tetap lembap, oleskan petroleum jelly serbaguna tipis-tipis menggunakan cotton bud ke lubang hidung sebanyak 3 kali sehari.

4. Mengatasi kaki pecah-pecah

Risih ketika harus membuka alas kaki di depan orang banyak karena kulit tumit pecah-pecah? Petroleum jelly bisa menjadi solusi ampuh untuk mengembalikan kelembapan pada kulit tumit yang retak.

Untuk mengatasi kaki pecah-pecah, oleskan petroleum jelly serbaguna di malam hari sebelum tidur. Lalu, kenakan kaus kaki yang nyaman dan biarkan semalaman.

5. Mengatasi ruam popok bayi

Setiap Anda mengganti popok bayi, oleskan petroleum jelly ke kulit bayi. Petroleum jelly dapat berfungsi sebagai bahan pelindung dan pelapis kulit guna mencegah dan mengatasi ruam popok.

Petroleum jelly tidak mengandung bahan pewangi dan pengawet, sehingga aman digunakan pada bagi kulit bayi yang sensitif.

6. Menghapus riasan mata

Pemilihan produk untuk menghapus riasan mata harus dilakukan secara hati-hati karena kulit di area tersebut lebih sensitif dan mudah kering.

Anda dapat menggunakan petroleum jelly untuk mengangkat riasan di area mata. Petroleum jelly aman digunakan di area tersebut dan dapat membantu mencegah kulit menjadi kering.

Untuk menggunakannya, oleskan petroleum jelly serbaguna menggunakan cotton bud atau kapas kosmetik lalu hapus riasan di mata dengan lembut.

7. Mengatasi rambut bercabang

Petroleum jelly juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi ujung rambut bercabang dan menambah kilau pada rambut yang  kusam. Caranya adalah dengan menggosokkan sedikit petroleum jelly di antara telapak tangan Anda lalu mengoleskannya ke ujung rambut.

Meski petroleum jelly serbaguna, produk ini sebaiknya tidak digunakan pada kulit yang rentan berjerawat. Petroleum jelly dapat menyumbat pori-pori sehingga membuat kulit mudah berjerawat.

Perhatikan pula kebersihan tangan dan wadah selama pemakaian petroleum jelly. Pastikan Anda mencuci tangan setiap kali hendak menggunakan produk ini dan menutup wadahnya setelah pemakaian untuk menghindari kontaminasi.

Jika kondisi kulit Anda tidak membaik atau bahkan mengalami reaksi alergi setelah menggunakan petroleum jelly serbaguna, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapat penanganan yang sesuai.