Untuk mendukung kesehatan fisik dan mental anak yang berada di usia sekolah dasar (SD), Bunda sudah boleh lho mengajaknya melakukan beberapa olahraga. Agar manfaatnya maksimal, pilihan olahraga untuk anak SD ini perlu dilakukan dengan cara dan durasi yang tepat.

Di Indonesia, SD berlangsung selama 6 tahun. Pilihan olahraga untuk anak kelas 1 SD tentu berbeda dengan anak kelas 6 SD. Bukan cuma karena perbedaan kelas, usia yang berbeda akan memengaruhi ketahanan anak dalam berolahraga.

Pilihan Olahraga untuk Anak SD yang Bermanfaat bagi Kesehatan - Alodokter

Perlu diketahui, olahraga untuk anak SD kebanyakan tidak diperuntukkan untuk ajang perlombaan, apalagi jika anak masih berada di kelas 1–3 SD. Olahraga pada usia ini lebih ditujukan sebagai aktivitas menyenangkan yang bisa membantu anak untuk bersosialisasi dan menambah teman.

Pilihan Olahraga untuk Anak SD

Bunda, ada beragam olahraga yang sesuai dengan minat dan kemampuan anak SD yang bisa dicoba, yaitu:

1. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh anak-anak, termasuk anak SD. Bersepeda akan mengajarkan Si Kecil cara menjaga keseimbangan dan mengatur koordinasi tubuh, serta membantu melatih menguatkan otot pada kaki dan perutnya.

Momen bersepeda akan lebih menyenangkan kalau dilakukan bersama keluarga, misalnya bersama Bunda dan Ayah. Bukan cuma menjaga kesehatan fisik, mental anak juga akan ikut sehat, Bun.

2. Berenang

Selain mengasyikan, berenang juga memiliki banyak manfaat lain, seperti dari menjaga kekuatan otot, kestabilan berat badan, dan kesehatan jantung serta paru-paru. Mengajarkan anak berenang sejak kecil juga bisa menjadi bekal agar mereka bisa menyelamatkan diri jika dalam kondisi akan tenggelam.

Saking banyaknya manfaat yang bisa didapatkan, berenang tidak hanya menjadi pilihan olahraga anak SD, tetapi juga sudah mulai diajarkan kepada bayi.

3. Berlari

Tidak membutuhkan alat khusus selain sepatu olahraga dan bisa dilakukan di mana saja membuat olahraga berlari menjadi salah satu olahraga yang bisa dimasukkan ke dalam pilihan olahraga untuk anak SD. Dengan berlari, otot perut, punggung, dan kaki akan terlatih, serta daya tahan tubuh anak akan meningkat.

Jika anak sudah berada di kelas 6, Bunda juga bisa mendaftarkannya untuk ikut lomba lari. Namun, berikan pengertian kepada anak agar tidak berpikir untuk selalu menang, karena yang terpenting adalah menikmati olahraga itu sendiri.

4. Sepak bola

Kalau bicara tentang olahraga, rasanya tidak lengkap tanpa mengikutsertakan sepak bola, ya. Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Jenis olahraga ini juga bisa meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh anak.

Sepak bola bisa dimulai sejak usia dini, termasuk saat anak masuk SD. Dengan bermain sepak bola, ia tidak hanya berolahraga, tetapi juga bisa menemukan teman, belajar tentang cara bekerja sama dalam tim, juga mengurangi screen time, lho.

5. Bulu tangkis

Selain seru, bulu tangkis juga akan membuat seluruh anggota tubuh bergerak. Hal ini membuat bulu tangkis menjadi pilihan olahraga yang tepat untuk anak SD. Dengan melakukan olahraga secara teratur, anak juga akan belajar mengoordinasi mata dan tangan agar lebih akurat.

Itulah beberapa pilihan olahraga untuk anak SD yang bisa menjadi referensi Bunda agar aktivitas fisik anak lebih terarah. Selain beragam manfaat di atas, melakukan olahraga juga dapat menjaga kesehatan jantung dan membantu memperkuat mental, sehingga anak tidak mudah mengalami depresi atau kecemasan.

Kalau suatu saat anak terluka akibat berolahraga, Bunda tidak usah khawatir. Cukup bersihkan lukanya dengan air mengalir dan mintalah resep dokter jika ingin menggunakan obat untuk membantu menyembuhkan luka.