Daya tahan tubuh yang lemah bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar kuat melawan serangan virus dan kuman penyakit lainnya.

Daya tahan tubuh atau sistem imunitas ibarat perisai yang menjaga Anda dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Bila daya tahan tubuh kuat, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit infeksi, termasuk COVID-19 yang kini sedang mewabah.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh secara Alami - Alodokter

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Menggunakan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami dan mudah ditemukan yang dapat digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Beberapa bahan alami tersebut di antaranya adalah:

1. Jahe

Jahe memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Karena kandungan tersebut, jahe diyakini dapat memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat jahe tersebut, Anda bisa mengonsumsi jahe yang diolah menjadi teh jahe, bumbu masakan, atau produk herba yang mengandung ekstrak jahe.

2. Royal jelly

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa asam amino, asam lemak, dan senyawa fenolik yang ada di dalam royal jelly ampuh untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Royal jelly juga diketahui memiliki sifat antioksidan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, sehingga bisa dijadikan sebagai asupan nutrisi yang menyehatkan.

3. Ginseng

Gingseng mengandung senyawa aktif ginsenoside yang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, mengatasi rasa lelah, hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan kanker.

4. Daun meniran

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun meniran banyak mengandung zat antioksidan dan antiradang. Penelitian-penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa daun meniran dapat memperkuat daya tahan tubuh, mengurangi peradangan, mencegah pertumbuhan sel tumor, serta memelihara kesehatan hati.

Selain keempat bahan alami di atas, bahan alami lain yang bisa Anda konsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh Anda adalah bawang putih, madu, teh hijau, dan kunyit.

Kiat Praktis untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Untuk menjaga daya tahan tubuh Anda agar tetap kuat melawan infeksi, selain dengan mengonsumsi bahan-bahan alami di atas, Anda juga disarankan untuk menjalani pola hidup sehat yang terdiri dari beberapa langkah berikut ini:

1. Mencukupi istirahat

Tidur merupakan cara alami tubuh untuk mengisi kembali tenaga dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Ketika Anda kurang tidur, tubuh Anda akan rentan mengalami gangguan kesehatan. Salah satu gangguan yang dapat terjadi akibat kurang tidur adalah melemahnya daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, pastikan Anda tidur dengan cukup setiap harinya. Orang dewasa dianjurkan tidur selama 7–9  jam sehari, sedangkan anak-anak dan remaja 8–11 jam.

2. Mengatasi stres

Stres yang berat atau berkepanjangan tidak hanya dapat menimbulkan masalah psikologis, seperti depresi dan gangguan kecemasan, tetapi juga melemahnya daya tahan tubuh. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Anda rentan sakit jika sering mengalami stres.

Oleh karena itu, Anda perlu mengelola stres dan menjauhi hal yang dapat membuat Anda stres untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap kuat sekaligus memelihara kesehatan mental Anda.

3. Membiasakan diri untuk rutin berolahraga

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika Anda rutin berolahraga. Selain memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, olahraga rutin juga bisa meningkatkan konsentrasi, membuat tidur lebih nyenyak, serta menjaga berat badan ideal.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat olaharaga di atas, Anda cukup rutin berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Pilihan olahraganya bermacam-macam, mulai dari latihan fisik di gym, senam kardio, berenang, atau sekadar berjalan kaki.

4. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Dengan menjalani pola makan sehat, tubuh Anda akan mendapatkan beragam nutrisi, seperti protein, zinc, vitamin C, vitamin A, omega-3, serta antioksidan, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Nutrisi-nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan, seperti ikan, telur, kacang-kacangan, buah dan sayur, serta tanaman herba tertentu, misalnya jahe.

5. Menjauhi rokok dan minuman beralkohol

Kebiasan merokok, menghirup asap rokok, dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat membuat kesehatan tubuh Anda terganggu. Hal-hal tersebut juga dapat menyebabkan lemahnya daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, jangan merokok, hindari asap rokok, dan batasi konsumsi minuman beralkohol agar daya tahan tubuh Anda bekerja dengan optimal sehingga kuat melawan penyakit.

Untuk memperkuat daya tahan tubuh, Anda dapat menggunakan beberapa bahan alami yang diolah menjadi minuman, teh, jamu, bumbu masakan, hingga dalam bentuk produk herba. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, apalagi jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi medis tertentu.

Agar mampu menangkal serangan virus dan beragam kuman penyakit, jagalah daya tahan tubuh Anda dengan cara-cara di atas, cuci tangan dengan benar, serta jaga kebersihan diri dan lingkungan.