Prosedur sunat dewasa dan kanak-kanak umumnya sama. Hanya saja, perawatan setelah menjalani sunat dewasa mungkin agak sedikit berbeda dibandingkan sunat anak, karena ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Sunat merupakan metode pengangkatan kulit yang menutupi kepala penis. Di Indonesia, biasanya sunat dilakukan karena alasan agama saat anak laki-laki menginjak usia bangku sekolah dasar. Namun, pria dewasa yang belum melakukannya masih bisa menjalani sunat khusus dewasa.

 Manfaat Sunat Dewasa dan Perawatan Setelah Menjalaninya - Alodokter

Mempertimbangkan Manfaat Sunat bagi Kesehatan

Selain dilandasi anjuran agama, sunat pada dasarnya memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat sunat untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

  • Mengurangi risiko terjangkit penyakit menular seksual
  • Mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih (ISK)
  • Mencegah terjadinya fimosis atau ketidakmampuan untuk menarik kembali kulit penis atau kulup
  • Mencegah balanitis (radang pada ujung kepala penis) dan balanoposthitis (radang pada kepala penis dan kulup)
  • Mengurangi risiko terjadinya kanker serviks pada pasangan wanita dan juga kanker penis

Karena sunat menghilangkan kulit di ujung penis atau kulup, hal ini membuat penis jadi lebih mudah dibersihkan. Jadi, bagi Anda yang belum pernah menjalani prosedur sunat sewaktu kecil, tidak ada kata terlambat untuk menurunkan risiko terkena penyakit di atas dengan sunat dewasa.

Prosedur Sunat Dewasa

Dibandingkan dengan sunat pada bayi atau anak-anak, prosedur sunat dewasa bisa memakan waktu lebih lama, yaitu sekitar 30 menit hingga 1 jam. Sebelum prosedur sunat dimulai, dokter akan melakukan pembiusan. Pilihan bius ini bisa melalui obat bius lokal, separuh badan, atau bius umum yang membuat Anda tertidur.

Jika dokter menerapkan bius umum, seperangkat alat pernapasan akan dipasangkan ke mulut atau hidung Anda dan kondisi Anda akan dipantau selama operasi.

Setelah mendapat bius, penjepit atau cincin plastik khusus akan dilekatkan ke penis. Kemudian, dokter akan mengangkat kulit yang menutupi kepala penis lalu memotongnya. Terakhir, penis akan diolesi dengan salep seperti petroleum jelly lalu dibungkus longgar dengan kain kasa.

Perawatan Usai Melakukan Sunat Dewasa

Usai melakukan sunat dewasa, penis Anda mungkin akan terlihat memerah, membengkak, atau memar yang diiringi rasa nyeri di ujung penis. Namun, hal tersebut biasanya akan membaik dalam 7−10 hari.

Pasien sunat dewasa biasanya akan pulih total dalam waktu 2–3 minggu. Selama masa pemulihan ini, ada beberapa perawatan yang perlu Anda lakukan, di antaranya:

  • Hindari aktivitas berat dan penggunaan celana yang ketat agar tidak memicu rasa nyeri dan pembengkakan.
  • Minum obat-obatan penghilang rasa sakit dan antibiotik sesuai petunjuk
  • Bersihkan penis setelah kain kasa dilepas dengan mengusapnya menggunakan waslap atau handuk hangat tanpa sabun.
  • Hindari berendam di air hangat hingga mendapat persetujuan dari dokter.
  • Setelah diperbolehkan untuk mandi atau penis sudah sembuh, bersihkan penis dengan sabun berbahan lembut dan air bersih dengan hati-hati.

Selain itu, hal penting yang perlu diingat juga setelah menjalani sunat dewasa adalah tidak disarankan melakukan hubungan seks atau masturbasi selama empat hingga enam minggu.

Jika setelah melakukan sunat dewasa Anda mengalami demam, darah pada urine, atau rasa sakit dan bengkak pada penis yang tidak kunjung membaik, segera temui dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.