Bukan hanya sebagai pemanis penampilan, kacamata hitam juga memiliki manfaat bagi kesehatan, yakni untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan kerusakan mata. Agar manfaatnya optimal, ketahui beragam jenis kacamata hitam dan cara memilihnya.

Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pada mata, mulai dari kerusakan pada permukaan kulit kelopak mata, hingga mata bagian dalam, seperti kornea, lensa, dan retina.

Kacamata Hitam: Jenis dan Cara Memilihnya - Alodokter

Penelitian juga menyebutkan bahwa sinar ultraviolet dapat meningkatkan risiko terjadinya pterygium, katarak, degenerasi makula, fotokeratitis, dan beberapa jenis kanker mata.

Beragam Jenis Kacamata Hitam

Selain untuk melindungi mata dari sinar UV, kacamata hitam juga memiliki fungsinya masing-masing berdasarkan jenis lensanya. Berikut adalah jenis kacamata yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan:

1. Kacamata dengan lensa polarisasi

Kacamata dengan lensa terpolarisasi memiliki fungsi untuk mengurangi silau yang ditimbulkan oleh permukaan air ketika terkena pantulan sinar. Kacamata jenis ini sangat berguna untuk mengemudi di siang hari.

2. Kacamata dengan lensa polikarbonat

Bahan polikarbonat yang ditanam dalam lensa kacamata memiliki fungsi untuk melindungi pemakainya yang gemar melakukan olahraga beregu, seperti bola voli. Alasannya adalah karena kacamata dengan lensa jenis memiliki ketahanan yang kuat terhadap benturan.

3. Kacamata dengan lensa untuk memblokir warna biru

Kacamata dengan lensa ini berfungsi untuk melihat benda jauh atau benda yang terhalang oleh kabut. Kacamata jenis ini biasanya digunakan oleh pemburu, pelaut, pilot, atau orang yang suka berolahraga ski.

4. Kacamata dengan lensa fotokromik

Ini adalah kacamata yang lensanya dapat menyesuaikan jumlah paparan sinar. Misalnya, saat terpapar sinar dengan jumlah besar, kacamata dengan jenis lensa ini akan berubah menjadi gelap. Sebaliknya, saat malam hari, ketika sinar matahari tidak ada lagi, lensa kacamata ini akan menjadi terang.

5. Kacamata dengan lensa gradien

Kacamata dengan lensa gradien terbagi dalam 2 jenis, yakni lensa gradien tunggal dan ganda.

Lensa gradien tunggal adalah lensa yang bagian atasnya lebih gelap dibandingkan bagian bawahnya. Lensa ini mampu mengurangi cahaya yang silau, sehingga pemakainya bisa melihat objek dengan jelas. Kacamata jenis ini baik untuk digunakan saat mengemudi.

Sementara itu, lensa gradien ganda adalah lensa yang bagian bawah dan atasnya gelap, sedangkan bagian tengahnya lebih terang. Lensa gradien ganda bisa Anda pilih bila sering melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air, seperti berlayar.

Cara Memilih Kacamata Hitam yang Tepat

Terlepas dari jenis lensanya, berikut adalah panduan umum dalam memilih kacamata hitam yang tepat:

  • Pilih kacamata hitam yang lensanya mampu memblokir 99–100% sinar UVA dan UVB. Ini biasanya bisa dilihat pada sticker atau label yang ada pada kacamata.
  • Pilih kacamata hitam dengan frame yang besar dan melingkar, guna menutupi mata dan daerah sekitarnya dengan baik.
  • Pilih kacamata hitam yang warna atau kegelapan lensanya
  • Pilih kacamata hitam yang lensanya berbahan plastik karena lebih tahan benturan.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa tidak ada kacamata hitam yang mampu melindungi pemakainya dari cahaya yang terlalu terang dan berintensitas kuat, Oleh sebab itu, bila Anda kerap terpapar cahaya yang kuat saat melakukan aktivitas sehari-hari, misalnya mengelas, Anda wajib memakai peralatan khusus untuk melindungi mata.

Apabila Anda kesulitan untuk memutuskan kacamata hitam terbaik untuk Anda pilih, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Dengan begitu, dokter bisa merekomendasikan kacamata hitam yang sesuai dengan kondisi Anda.