Sebagian orang belum mengetahui penyebab kanker mata. Padahal, jenis kanker ini dapat terjadi pada siapa saja dan pada rentang usia berapa pun. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali penyebab dan faktor risiko kanker mata, sehingga tindakan pencegahan dapat dilakukan sejak dini.

Kanker mata merupakan penyakit ganas yang terjadi pada jaringan mata, baik di bola mata maupun kelopak mata. Penyakit ini terjadi ketika sel-sel di jaringan mata tertentu tumbuh secara tidak normal dan menjadi ganas.

Kenali Penyebab Kanker Mata Berdasarkan Jenisnya - Alodokter

Penyebab dan faktor risiko kanker mata dapat berbeda-beda sesuai jenis kanker mata yang diderita. Secara umum, risiko kanker ini dapat meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, ada pula jenis kanker mata yang bisa diderita oleh anak-anak.

Beragam Penyebab Kanker Mata Menurut Jenisnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab dan faktor risiko kanker mata dapat berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan penyebab kanker mata berdasarkan jenisnya:

Melanoma intraokular

Melanoma intraokular merupakan jenis kanker mata yang sering terjadi pada orang dewasa. Gejala umum melanoma intraokular adalah penglihatan kabur atau adanya bintik hitam pada iris, yaitu bagian yang memberi warna pada mata.

Penyebab kanker mata satu ini masih belum diketahui secara pasti, tetapi ada beragam faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya melanoma intraokular, seperti:

  • Memiliki tahi lalat yang tidak biasa di bagian putih mata atau di kelopak mata
  • Memiliki riwayat menderita melanoma pada kulit
  • Memiliki anggota keluarga yang menderita melanoma intraokular
  • Memiliki mata berwarna terang
  • Sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama

Limfoma intraokular primer

Limfoma intraokular primer merupakan jenis kanker mata yang melibatkan salah satu sel darah putih, yaitu sel limfosit. Penyakit ini termasuk dalam golongan limfoma non-Hodgkin.

Meski penyebab kanker mata jenis limfoma intraokular belum diketahui secara pasti, tetapi seseorang yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti AIDS, atau penyakit autoimun, serta pernah menjalani transplantasi organ diduga berisiko lebih tinggi terkena kanker mata jenis limfoma intraokular primer.

Retinoblastoma

Retinoblastoma merupakan jenis kanker mata yang menyerang anak-anak. Penyebab terjadinya kanker mata jenis ini adalah perubahan atau mutasi gen pada retina, yaitu lapisan yang terletak di dinding bola mata belakang.

Sedangkan, penyebab mutasi gen di retina mata belum bisa dipastikan sepenuhnya. Meski begitu, sebuah studi menyatakan bahwa sekitar 40% kasus retinoblastoma bersifat genetik atau keturunan.

Risiko kanker mata karena faktor keturunan terkadang sulit dicegah. Namun, paparan sinar matahari dan penyakit lainnya yang memicu kanker mata masih bisa dihindari dengan beberapa cara.

Anda bisa mulai melakukan pencegahan kanker mata dari memakai kacamata hitam dan mengenakan tabir surya saat beraktivitas di bawah terik matahari, mengonsumsi makanan yang sehat bagi mata, hingga menjalani pola hidup sehat.

Penyebab dan faktor risiko yang memicu kanker mata masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Bila Anda mengalami gangguan pada mata atau penglihatan, segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan ditangani secara tepat.