Manfaat seks bagi kesehatan fisik dan mental tidak perlu diragukan lagi. Di sisi lain, katanya, seks juga bisa bikin kulit cerah. Apakah hal tersebut benar? Kalau kamu penasaran dengan jawabannya, yuk cek informasinya di artikel ini.

Berhubungan seks bukan hanya sekadar rutinitas pasangan suami istri dan cara untuk memperoleh keturunan saja. Seks memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan imunitas tubuh hingga menjaga kesehatan jantung.

Seks Bisa Bikin Kulit Cerah, Mitos atau Fakta? - Alodokter

Selain itu, rutin berhubungan seks juga diketahui bisa membuat kulit kamu dan pasangan lebih cerah serta tampak lebih muda.

Ini Kaitan Seks dengan Kulit Cerah

Anggapan seks bisa bikin kulit cerah memang bukan mitos belaka. Perlu kamu tahu, berhubungan seks bisa menjadi bentuk olahraga, lho. Ketika melakukan hal ini, aliran darah di tubuh akan meningkat, termasuk ke area kulit. Nah, aliran darah yang meningkat dapat membuat kulit lebih sehat.

Aktivitas ini dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen adalah protein alami yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, serta mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Selain kolagen, seks juga meningkatkan kadar asam hialuronat yang berperan sebagai pelembap alami kulit.

Kaitan seks dengan kulit cerah tidak berhenti sampai di situ saja. Seks yang dilakukan dengan rutin, apalagi sampai mencapai orgasme, dipercaya bisa meningkatkan kadar hormon estrogen pada wanita. Kehadiran hormon ini sangat penting untuk mengunci kelembapan di kulit dan membuatnya lebih kenyal.

Selain itu, berhubungan seks dengan orang yang dicintai akan menimbulkan perasaan senang, relaks, dan cinta. Hal ini sangat baik untuk memperbaiki kualitas tidur dan menurunkan kadar hormon stres. Kedua hal ini bisa meningkatkan kesehatan kulit, termasuk mencegah jerawat.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk memperbaiki kerusakan sel-sel pun ikut menurun. Namun, dengan bercinta, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin dan endorfin yang berguna untuk membantu memperbaiki sel-sel kulit.

Jadi, kesimpulannya, seks memang bisa bikin kulit kamu dan pasangan lebih cerah, sekaligus tampak awet muda. Untuk mendapatkan manfaat ini, sebenarnya tidak ada frekuensi berhubungan seks yang dianjurkan, kok. Kamu dan pasangan bisa berhubungan intim kapan pun kalian inginkan.

Selain berhubungan seks, untuk mendapatkan kulit yang glowing kamu dan pasangan juga perlu melakukan hal-hal berikut ini:

  • Konsumsi makanan bergizi, termasuk buah-buahan dan sayuran.
  • Minum air putih yang cukup, minimal 8 gelas sehari.
  • Bersihkan wajah secara rutin.
  • Pakai┬áproduk perawatan kulit (skincare), termasuk pelembap, tabir surya, serum, essence, yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Rajin berolahraga.
  • Hindari paparan asap rokok dan kendaraan bila memungkinkan.

Bila kamu masih punya pertanyaan seputar kesehatan kulit atau punya masalah kulit yang tak kunjung usai, jangan ragu untuk tanyakan langsung ke dokter, ya.