Kulit wajah kusam bisa menurunkan rasa percaya diri. Namun, Anda tidak perlu khawatir bila mengalaminya, sebab ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit wajah yang kusam agar kembali cerah.

Wajah kusam dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari perubahan hormon, faktor cuaca, hingga penggunaan produk perawatan kulit wajah yang tidak tepat. Selain itu, kulit wajah yang terlihat kusam juga dapat disebabkan oleh kebersihan kulit wajah yang kurang terjaga.

6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam - Alodokter

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam

Jika Anda memiliki wajah kusam, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencerahkannya kembali, antara lain:

1. Jangan merokok dan hindari asap rokok

Terdapat penelitian yang mengemukakan bahwa seorang perokok aktif memiliki kulit dan wajah yang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Hal ini ditandai dengan kulit yang terlihat lebih kusam, lebih cepat berkeriput, dan warna kulitnya tidak rata atau belang.

Hal ini terjadi karena rokok mengandung sejumlah zat berbahaya bagi tubuh. Beberapa zat tersebut diketahui dapat mengurangi aliran darah ke kulit wajah dan mengurangi produksi kolagen, sehingga kulit wajah terlihat kusam. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok mulai sekarang.

2. Gunakan tabir surya

Kulit kusam dan keriput juga bisa diakibatkan oleh paparan sinar matahari pada kulit. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih saat beraktivitas di luar ruangan, termasuk saat hari sedang mendung.

Selain itu, batasi aktivitas di bawah sinar matahari antara pukul 10.00–14.00. Jika Anda beraktivitas di bawah sinar matahari sepanjang hari, oleskan kembali tabir surya setidaknya setiap 2–3 jam sekali.

3. Gunakan produk perawatan kulit yang tepat

Menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit dengan kandungan berbeda justru dapat menyebabkan iritasi dan sama sekali tidak mendatangkan manfaat.

Sebagai contoh, kandungan asam dalam asam salisilat dan asam glikolat dari satu produk, justru dapat merusak bahan vitamin A atau retinol dari produk perawatan kulit lain bila dipakai bersamaan.

Selain itu, sering berganti produk kecantikan juga tidak akan membawa hasil yang efektif. Untuk melihat hasil dari pemakaian sebuah produk, produk tersebut perlu digunakan selama durasi waktu tertentu dan hasilnya pun tidak bisa terlihat dalam waktu singkat.

Terkait dengan penggunaan produk perawatan kulit, berikut ini adalah beberapa tips penggunaan produk perawatan untuk mencegah wajah kusam yang bisa Anda lakukan:

  • Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit.
  • Gunakan pelembap sesuai dengan kondisi kulit setiap hari.
  • Bersihkan riasan wajah setiap kali selesai beraktivitas agar terhindar dari penyumbatan pori yang dapat menyebabkan jerawat.
  • Hindari berbagi make-up dengan orang lain untuk meminimalkan risiko penyebaran bakteri.
  • Gunakan pembersih khusus wajah dan hindari penggunaan sabun mandi untuk membersihkan kulit wajah, karena biasanya mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi kulit.
  • Gunakan scrub atau eksfoliator minimal 2 kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga pelembap bisa mudah terserap kulit wajah.
  • Gunakan krim antioksidan yang sudah teruji klinis untuk melawan radikal bebas. Anda bisa mencoba krim yang mengandung niacinamide untuk mendapatkan efek antiinflamasi sebagai tambahan.

Bila kulit kusam tak kunjung reda Anda bisa berkonsultasi ke dokter. Dokter mungkin akan memberikan produk perawatan kulit dengan kandungan retinoid yang bermanfaat untuk mengurangi kerutan halus, meningkatkan produksi kolagen, mencerahkan bercak cokelat pada wajah, mengurangi jerawat, serta memperbaiki tekstur kulit.

Hal yang perlu Anda ingat adalah meski mencuci wajah berperan menjaga kulit tetap bersih, tetapi terlalu sering mencucinya juga dapat membuat kulit menjadi kering. Mencuci wajah 1–2 kali sehari saja sudah cukup untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah.

4. Konsumsi makanan sehat dan lakukan olahraga secara rutin

Cara lain untuk mendapatkan kulit wajah segar, sehat, dan bebas kusam secara alami dapat dimulai dengan mengonsumsi buah dan sayur, serta berolahraga secara rutin. Jadikan sayuran dan buah-buahan sebagai menu pangan wajib dari menu harian Anda dan jadikan olahraga sebagai aktivitas rutin.

5. Cukupi waktu istirahat

Tidur yang berkualitas dan teratur selama 7–9 jam sehari dapat mengoptimakan pembentukan hormon pertumbuhan yang mendorong pergantian sel-sel tubuh dan produksi kolagen pada kulit.

Jika Anda kurang tidur, hal ini dapat menghambat proses pergantian sel serta produksi kolagen pada kulit, sehingga membuat wajah tampak lebih kusam dan lesu. Namun, perlu diingat juga bahwa terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk kesehatan kulit.

6. Kelola stres dengan baik

Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon stres yang juga dapat menyebabkan kulit wajah terlihat kusam. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengelola stres, baik dengan menjalani terapi relaksasi dan meditasi atau melakukan sesuatu yang disukai.

Jika cara-cara di atas Anda lakukan secara konsisten, wajah kusam pun akan kembali cerah. Namun, bila kulit wajah kusam tak kunjung membaik atau justru disertai keluhan lain, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan kulit yang tepat.