Muka kusam terjadi karena beberapa kondisi, seperti dehidrasi hingga penumpukan kulit mati. Muka kusam dapat diatasi dengan beberapa perawatan, mulai dari menggunakan pelembap hingga melakukan pengangkatan sel kulit mati.

Muka kusam akan tampak kehilangan cahaya alaminya dan terlihat pucat. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Untuk mengatasi kulit wajah yang terlihat kusam sekaligus membuatnya tampak lebih cerah, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan.

Muka Kusam, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Penyebab Muka Kusam

Berikut ini adalah beberapa penyebab muka kusam:

1. Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat membuat kulit menjadi kering dan terlihat kusam. Minum banyak air membantu meningkatkan dan menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit tampak lebih sehat.

2. Tidak menggunakan pelembab

Pelembab dapat menjaga kelembapan kulit dan melindungi lapisan kulit agar tetap sehat. Tidak menggunakan pelembap wajah dapat memengaruhi kesehatan dan vitalitas kulit serta menyebabkan muka kusam, terutama pada pemilik kulit kering.

3. Penumpukan sel kulit mati

Sel kulit mati di wajah yang tidak dibersihkan akan menumpuk. Penumpukan sel kulit mati ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, dan bersisik.

4. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok juga dapat mengganggu kesehatan kulit, termasuk menyebabkan muka kusam. Merokok akan mengganggu produksi kolagen serta menurunkan elastisitas kulit, sehingga mempercepat proses penuaan dan membuat kulit terlihat kusam.

Cara Mengatasi Muka Kusam

Untuk mengatasi kulit kusam, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Membersihkan wajah setiap hari

Anda dianjurkan untuk membersihkan wajah di pagi dan malam hari, atau setelah melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat. Membersihkan wajah tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi muka kusam, tetapi juga dapat menjaga kesehatan kulit wajah.

Sebelum tidur, hapuslah riasan yang menempel di wajah Anda menggunakan pembersih yang berbahan dasar minyak. Setelah itu, cucilah wajah menggunakan sabun khusus wajah berbahan lembut.

2. Menggunakan pelembap

Menggunakan pelembap 2 kali sehari sesuai dengan jenis kulit Anda dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengatasi muka kusam.

Pemilik kulit wajah berminyak disarankan untuk menggunakan pelembap wajah nonkomedogenik agar tidak menyumbat pori-pori.

Sementara itu, orang yang memiliki kulit kering disarankan untuk menggunakan pelembap yang mengandung asam hialuronat atau dimetikon guna membantu menjaga kelembapan kulit.

Untuk pemiliki kulit sensitif, gunakanlah pelembap wajah yang bersifat hipoalergenik (tidak menimbulkan alergi) dan tidak mengandung pewangi.

3. Menggunakan masker wajah

Menggunakan masker wajah juga bermanfaat untuk mengatasi muka kusam. Untuk memaksimalkan efeknya, pilihlah kandungan dan jenis masker yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Masker wajah untuk mengatasi kulit kusam dapat digunakan sebanyak 1–3 kali dalam seminggu, tergantung pada jenis kulit Anda dan produk masker yang Anda pakai.

4. Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Perawatan kulit ini dapat mengatasi muka kusam sekaligus mencerahkan atau memperbaiki tampilan kulit secara umum.

Ada dua jenis eksfoliasi yang bisa dilakukan sesuai dengan tipe dan kondisi kulit, yaitu eksfoliasi fisik dan eksfoliasi kimia. Eksfoliasi fisik dilakukan dengan menggunakan scrub, sedangkan eksfoliasi kimia menggunakan bahan kimia, seperti AHA dan BHA.

Bagi pemilik kulit kering, eksfoliasi umumnya dilakukan 1–2 kali seminggu. Sementara itu, pemilik kulit berminyak atau berjerawat bisa melakukan eksfoliasi sebanyak 2–3 kali dalam seminggu.

5. Menggunakan serum

Untuk mengatasi muka kusam, Anda juga bisa menggunakan serum wajah yang mengandung vitamin C dan niacinamide.

Vitamin C dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi atau bintik hitam dan membuat kulit wajah Anda tampak lebih cerah. Sementara itu, penggunaan niacinamide dalam jangka panjang dapat membantu mencerahkan dan menghidrasi kulit.

Anda bisa menggunakan serum sebanyak 2 kali sehari setelah mencuci wajah sebagai cara mengatasi kulit kusam.

6. Mengoleskan tabir surya

Tabir surya bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, termasuk timbulnya flek tanda penuaan serta kulit kasar dan kusam. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih setiap hari saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Selain melakukan perawatan rutin, Anda juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan, minum cukup air, mencukupi waktu tidur, dan mengelola stres, untuk mengatasi muka kusam.

Jika Anda memiliki muka kusam dan telah mencoba beragam cara di atas tetapi kondisi tidak membaik, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.