Ada beragam manfaat serum wajah bagi Anda yang rutin menggunakannya, mulai dari melembapkan kulit, menghilangkan noda hitam, hingga mengatasi kerutan. Namun, serum wajah sebaiknya tidak digunakan sembarangan dan perlu disesuaikan dengan tujuan penggunaan.  

Serum wajah merupakan produk perawatan kulit yang kaya akan nutrisi atau bahan aktif tertentu. Dengan sifatnya yang ringan di wajah dan mudah menyerap, serum wajah menjadi salah satu produk perawatan kulit yang banyak digemari, terutama para wanita.

4 Manfaat Serum Wajah Berdasarkan Jenisnya - Alodokter

Walau memiliki sederet keunggulan dibandingkan dengan produk perawatan lain, risiko iritasi akibat penggunaan serum wajah tetap ada, terlebih jika kulit Anda tidak cocok dengan bahan aktif di dalam serum tersebut.

Agar Anda tidak salah pilih, mari simak informasi tentang kandungan, manfaat, dan cara penggunaan serum wajah di bawah ini.

Manfaat Serum Wajah Berdasarkan Jenisnya

Sebelum memilih serum wajah, Anda perlu mengetahui lebih dulu masalah kulit yang Anda alami, sebab berbeda masalah kulit, berbeda pula tipe serum yang harus Anda gunakan. Nah, berikut ini adalah penjelasannya:

1. Serum untuk kulit kering dan kendur

Untuk menangani kulit bersisik, kering, dan kendur, Anda bisa menggunakan serum yang mengandung vitamin E, asam glikolat, dan niacinamide. Beberapa produk serum untuk kulit kering dan kendur juga mengandung ceramide yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Serum untuk bintik atau noda gelap pada kulit

Untuk mengatasi bintik hitam atau noda gelap pada kulit, Anda bisa memilih serum dengan kandungan asam ferulat, kojic acid, asam azaleat, arbutin, dan vitamin C.

Biasanya, serum untuk noda gelap di wajah juga mengandung bahan aktif lain, seperti vitamin E sebagai antioksidan untuk mengurangi noda akibat kerusakan kulit dan asam glikolat untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Serum untuk kulit berjerawat

Serum yang mengandung asam salisilat dan retinol bermanfaat untuk mengatasi kulit berjerawat. Kedua kandungan ini mampu mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori, membantu pengelupasan kulit, mengangkat sel kulit mati, sekaligus meredakan peradangan akibat jerawat.

4. Serum untuk memperlambat penuaan (antiaging serum)

Serum dengan kandungan asam ferulat dapat digunakan untuk mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan (antiaging). Tak jarang, serum antiaging juga mengandung vitamin C yang dapat merangsang pembentukan kolagen baru. Kolagen merupakan zat alami yang diproduksi tubuh dan berperan terhadap menjaga elastisitas kulit.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua serum aman digunakan. Jika memiliki kulit sensitif, Anda harus teliti dan berhati-hati dalam memilih serum. Hal ini karena beberapa serum mengandung zat yang dapat membuat kulit Anda iritasi, di antaranya:

  • Parfum
  • Pengawet, seperti methylparaben dan butylparaben
  • Antibakteri
  • Ekstrak tumbuhan
  • Pelarut, seperti propylene glycol dan ethanol
  • Bahan aktif serum dengan kandungan zat yang bersifat asam, seperti vitamin C, asam salisilat, dan tretinoin

Tips Memilih Serum Wajah

Sebelum Anda membeli serum, perhatikan kembali kemasan produk serum. Pilih produk dengan botol atau kemasan yang gelap dan mampu mencegah masuknya cahaya, sebab paparan cahaya dapat merusak bahan aktif pada serum sehingga mengurangi kualitasnya.

Anda juga dianjurkan untuk melakukan tes alergi sederhana dengan mengoleskan sedikit serum ke kulit tangan dan tunggu selama 48 jam. Jika muncul gejala alergi, seperti bentol, ruam, dan gatal pada area kulit yang diberi serum, hentikan penggunaannya dan segera temui dokter.

Anda pun harus berhati-hati jika menggunakan dua produk yang mengandung asam secara bersamaan, misalnya serum vitamin C dengan krim retinol. Penggunaan kedua produk tersebut dapat meningkatkan terjadinya iritasi.

Cara Menggunakan Serum Wajah dengan Benar

Serum wajah dapat digunakan pada pagi atau malam hari sebelum tidur. Setelah menggunakan serum wajah, usahakan wajah Anda tidak terpapar sinar matahari langsung.

Gunakan serum setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan moisturizer. Setelah wajah bersih dan kering, serum baru boleh digunakan pada wajah. Tuangkan serum ke ujung jari dengan takaran yang disarankan pada kemasan produk.

Usapkan secara perlahan dan merata ke seluruh area wajah, lalu tepuk-tepuk dengan lembut. Apabila Anda menggunakan serum di pagi hari, pastikan Anda juga memakai tabir surya sebelum beraktivitas di luar rumah.

Jika masih bingung memilih serum yang cocok untuk jenis dan masalah kulit, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat menjelaskan lebih jauh tentang manfaat serum wajah beserta kandungannya serta meminimalkan risiko bila serum digunakan bersamaan dengan produk perawatan kulit lainnya.