Serum wajah merupakan salah satu produk perawatan kulit yang sering digunakan agar wajah tetap terlihat cantik memesona. Serum wajah dianggap lebih baik daripada krim atau pelembap biasa, karena kaya akan kandungan nutrisi dan bahan aktif yang tinggi.

Kelebihan serum wajah terletak pada molekul bahan aktif yang lebih ringan namun konsentrasinya lebih tinggi dibandingkan dengan produk perawatan kulit lainnya. Dengan keunggulannya ini, serum wajah dapat lebih mudah dan cepat meresap ke dalam pori-pori.

Keunggulan Serum Wajah yang Wajib Diketahui Kaum Hawa - Alodokter

Keunggulan Serum Wajah

Di dalam serum wajah terkandung konsentrasi bahan aktif yang tinggi, termasuk zat antipenuaan, antioksidan, peptida, serta beberapa bahan pencerah kulit, seperti asam kojic, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Serum wajah juga umumnya berbahan dasar air. Bahkan, sebagian produk serum wajah tidak memakai bahan minyak sama sekali. Hal ini membuat serum wajah memiliki tekstur yang ringan, mudah diserap, dan mampu melembapkan kulit tanpa meninggalkan rasa lengket atau berminyak.

Tak hanya itu, serum wajah juga dianggap lebih baik dalam mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari kulit kusam, jerawat, noda hitam, hingga garis halus dan keriput.

Meski kebanyakan produk serum wajah memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan produk perawatan wajah lainnya, serum wajah hanya perlu digunakan dalam jumlah sedikit setiap kali pemakaiannya.

Pemakaian serum wajah dalam takaran yang tepat dan secara tipis justru dianggap baik untuk kulit wajah karena tidak mengganggu sirkulasi udara di pori-pori kulit.

Cara Menggunakan Serum Wajah

Serum wajah dapat digunakan pada pagi atau malam hari sebelum tidur, tergantung fungsi serum yang akan Anda gunakan. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan serum wajah yang dapat Anda terapkan sehari-hari:

  • Cuci wajah hingga bersih menggunakan sabun khusus wajah sebelum menggunakan serum.
  • Teteskan sedikit serum wajah ke telapak tangan dan oleskan serum tersebut ke seluruh wajah hingga merata.
  • Tepuk-tepuk wajah secara perlahan sampai serum wajah terserap ke dalam permukaan kulit.
  • Jika memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan serum wajah 10–15 menit setelah mencuci wajah.
  • Gunakan serum wajah satu atau dua kali sehari sesuai petunjuk dan hindari menggunakan serum ini melebihi aturan pakai.

Jika Anda mengalami efek samping setelah menggunakan serum wajah, seperti muncul ruam kemerahan dan rasa gatal pada kulit wajah, segera hentikan pemakaian serum tersebut dan konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Memilih Serum Wajah

Meski memiliki banyak keunggulan dalam mengatasi berbagai masalah kulit wajah, Anda tetap harus memperhatikan kandungan yang ada di dalam serum wajah dan memilihnya sesuai jenis dan rmasalah kulit yang Anda alami.

Bagi Anda yang ingin menyamarkan tanda-tanda penuaan, mulai dari garis halus, keriput, hingga bintik hitam, sebaiknya pilih serum wajah yang mengandung antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, atau asam ferulat.

Ketiga bahan tersebut diketahui bermanfaat untuk melindungi wajah dari efek paparan radikal bebas penyebab munculnya tanda-tanda penuaan.

Untuk mengatasi kulit wajah berminyak atau berjerawat, Anda disarankan menggunakan serum dengan kandungan asam salisilat yang dapat mengurangi produksi minyak di kulit wajah. Dengan demikian, pori-pori kulit tidak akan tersumbat dan komedo serta jerawat pun berkurang.

Sementara itu, bagi Anda pemilik kulit sensitif, pilihlah produk serum wajah dengan kandungan niacinamide atau vitamin B3 yang diketahui dapat melembapkan kulit wajah tanpa menyebabkan iritasi.

Selain menggunakan serum wajah, Anda juga perlu rutin menggunakan sunscreen, mengonsumsi makanan sehat, minum cukup air putih, berhenti merokok, dan menghindari stres untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Jika perlu, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran yang tepat dalam menentukan jenis serum wajah yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit wajah Anda.