Produk perawatan kulit atau skincare harus digunakan sesuai urutan yang benar, termasuk di malam hari. Hal ini berguna untuk memastikan skincare yang kamu gunakan bekerja dengan maksimal. Oleh sebab itu, simak yuk bagaimana urutan skincare malam yang tepat di sini!

Sebelum tidur malam, sebagian wanita melakukan perawatan kulit dengan produk skincare supaya kulit lebih bersih, sehat, dan bonusnya tampak cerah berseri. Namun, jika urutan penggunaannya tidak tepat, skincare malam tidak bisa bekerja dengan efektif, sehingga akan sulit juga bagi kamu untuk merasakan hasil maksimalnya.

Urutan Skincare Malam yang Tepat agar Wajah Sehat Terawat - Alodokter

Urutan Skincare Malam yang Tepat

Sebenarnya, setiap orang bisa saja memiliki urutan skincare malam yang berbeda-beda, tergantung dari jumlah dan jenis produk yang digunakan. Namun perlu diingat, penggunaan skincare haruslah dimulai dari skincare yang memiliki konsistensi dan kepekatan paling ringan ke yang paling padat.

Supaya lebih jelas, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai urutan skincare malam yang tepat:

1. Pembersih make-up

Kamu bisa memulai rangkaian perawatan kulit di malam hari dengan menggunakan pembersih make-up atau make-up remover berupa tisu basah pembersih, micellar water, atau cleansing balm. Seperti namanya, skincare ini berguna untuk menghapus make-up dan kotoran yang menumpuk selama kamu beraktivas.

2. Sabun cuci muka

Setelah menggunakan make-up remover, lanjutkanlah rangkaian perawatan kulitmu dengan membersihkan wajah memakai sabun cuci muka. Langkah ini berguna untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang masih tersisa atau tidak terangkat dengan pembersih make-up.

3. Toner

Selanjutnya, gunakanlah toner wajah. Penggunaan toner bermanfaat untuk menyeimbangkan pH sekaligus menjaga kelembapan kulit wajahmu. Bukan Cuma itu, toner juga berperan sebagai dasar perawatan kulitmu, sehingga produk skincare malam yang akan kamu gunakan selanjutnya bisa bekerja dengan lebih optimal.

4. Serum

Urutan skincare malam selanjutnya adalah serum wajah. Serum mengandung bahan aktif berkonsentrasi tinggi yang dirancang untuk memberi nutrisi, melindungi, dan mengatasi berbagai permasalahan kulit dengan lebih cepat, seperti kulit kusam, jerawat, dan timbulnya garis-garis halus.

5. Pelembap

Langkah skincare malam setelah serum adalah penggunaan pelembap wajah atau moisturizer. Pelembap wajah membantu mengunci seluruh produk skincare yang sudah kamu gunakan sebelumnya, sekaligus memastikan kulitmu tetap terhidrasi dengan baik.

6. Krim mata

Setelah memakai pelembap, kamu bisa lanjutkan urutan skincare malammu dengan menggunakan krim mata. Penggunaan krim mata bisa membantu memperbaiki masalah penampilan yang berkaitan dengan mata, seperti mata lelah, mata hitam, atau garis-garis halus di bawah mata.

7. Spot treatment

Spot treatment adalah produk skincare yang digunakan langsung ke sumber masalah pada kulit, biasanya berbentuk gel atau koyo kecil. Spot treatment umumnya digunakan untuk mengatasi jerawat, bekas jerawat, atau komedo. Itulah sebabnya, urutan skincare malam yang satu ini sifatnya adalah opsional.

Nah, itulah urutan skincare malam yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang supaya skincare tersebut bisa bekerja maksimal. Selain urutannya, jangan lupa juga untuk selalu menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya.

Pada malam hari, gunakan produk skincare yang memang dikhususkan untuk penggunaan malam, biasanya yang mengandung bahan eksfoliasi, seperti AHA, BHA, dan retinol. Soalnya, penggunaan produk tersebut di siang hari sangat tidak disarankan karena dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Jika kamu bingung untuk menentukan produk perawatan kulit apa yang sesuai dengan kondisi kesehatan kulitmu, kamu bisa menanyakan hal tersebut ke dokter kulit dengan fitur chat atau buat janji di Alodokter.