Beragam perawatan wajah kusam bisa dilakukan demi mendapatkan kulit yang glowing dan sehat. Perawatan dimulai dengan menerapkan cara membersihkan kulit dengan benar hingga memilih produk perawatan kulit yang tepat.

Kulit kusam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari dehidrasi, penumpukan sel kulit mati, hingga proses penuaan. Sering tidak disadari, kulit wajah kusam juga bisa terjadi akibat cara merawat dan membersihkan wajah yang kurang tepat. Oleh karena itu, perawatan wajah kusam yang tepat perlu dilakukan agar kulit menjadi lebih cerah dan sehat.

 

8 Perawatan Wajah Kusam agar Muka Lebih Cerah - Alodokter

Beragam Tips Perawatan Wajah Kusam

Meskipun Anda sudah rutin membersihkan wajah, beberapa hal penting berikut ini mungkin sering terlupakan ketika melakukan perawatan wajah kusam. Oleh karena itu, cobalah beberapa tips perawatan wajah kusam berikut:

1. Melakukan double cleansing

Debu, polusi, dan sisa riasan yang tidak terangkat saat membersihkan wajah dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Agar kulit benar-benar bersih, lakukan double cleansing alih-alih hanya mencuci wajah.

Double cleansing dilakukan dengan cara membersihkan wajah sebanyak 2 kali dengan 2 jenis pembersih yang berbeda. Pada tahap pertama, kotoran di wajah diangkat menggunakan pembersih berbahan dasar minyak atau cleansing oil, milk cleanser, maupun micellar water. Selanjutnya, wajah dicuci menggunakan sabun pembersih wajah.

2. Menggunakan sabun tanpa busa

Perawatan wajah kusam yang juga penting dilakukan adalah membersihkan wajah secara rutin, terutama di pagi dan malam hari atau saat kulit sudah kotor dan berkeringat. Untuk perawatan kulit kusam, pilihlah sabun pembersih wajah berbahan lembut, tanpa busa maupun pewangi. Hal ini karena busa dan pewangi akan membuat kulit menjadi lebih kering.

Hindari menggunakan sabun pembersih wajah dengan butiran scrub setiap hari. Pemakaian scrub setiap hari dapat menyebabkan kulit wajah makin kering dan kusam. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang kemerahan, gatal, atau mengelupas.

3. Menggunakan air dingin saat mencuci wajah

Meskipun terasa nyaman, penggunaan air hangat untuk membersihkan wajah bukanlah cara yang tepat, karena dapat membuat kulit makin kering dan kusam.

Air yang terlalu panas berisiko menghilangkan minyak alami pada kulit wajah yang sebenarnya berperan menjaga kulit tetap lembap. Dalam perawatan wajah kusam, lebih baik gunakan air dingin atau suam-suam kuku untuk membilas wajah. Hal ini akan membuat peredaran darah di wajah lancar, sehingga kulit lebih cerah dan bebas kusam.

4. Memijat kulit

Alih-alih menggosok kulit dengan keras, pijatlah kulit dengan lembut saat membersihkan wajah. Memijat kulit wajah diyakini dapat merangsang regenerasi kulit dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membuat kulit tampak lebih glowing dan sehat.

5. Mengoleskan pelembap mengandung ceramide

Setelah membersihkan wajah, segera oleskan pelembap sebelum kulit terasa kering. Kandungan pelembap yang disarankan untuk perawatan wajah kusam adalah ceramide, gliserin, shea butter, dan hyaluronic acid.

6. Mengoleskan AHA dan BHA

Eksfoliasi wajah merupakan perawatan wajah kusam yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Eksfoliasi wajah dapat dilakukan secara manual atau memanfaatkan bahan kimia dalam sabun maupun produk perawatan wajah.

Eksfoliasi menggunakan produk yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA) dapat mengatasi kulit kusam, sereta menghaluskan dan membuat kulit lebih glowing. Setelah eksfoliasi, segera oleskan pelembap untuk mengunci kelembapan kulit.

7. Menggunakan serum vitamin C

Serum wajah merupakan produk perawatan kulit yang kaya akan nutrisi atau bahan tertentu dengan konsentrasi tinggi. Serum menyerap dengan cepat ke dalam kulit dan dapat mengatasi masalah kulit, tergantung pada kandungannya.

Serum vitamin C adalah salah satu jenis serum yang disarankan untuk perawatan wajah kusam. Hal ini karena serum vitamin C dapat membantu meratakan warna kulit, memudarkan bintik hitam, dan mencerahkan wajah.

Selain vitamin C, niacinamide dan hyaluronic acid juga menjadi kandungan serum yang disarankan untuk perawatan wajah kusam.

8. Mengoleskan tabir surya

Salah satu penyebab utama wajah kusam adalah paparan sinar matahari. Untuk perawatan wajah kusam, selalu gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Anda juga dianjurkan menggunakan topi atau payung untuk mengoptimalkan pelindungan kulit dari paparan sinar matahari.

Selain menerapkan tips perawatan wajah kusam di atas, Anda juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan sehat, memperbanyak minum air putih, rutin berolahraga, tidak merokok, dan mengelola stres dengan bijaksana.

Bila tips perawatan wajah kusam di atas tidak cukup ampuh untuk mengatasi keluhan atau Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, konsultasikanlah dengan dokter. Dengan berkonsultasi, dokter akan memberikan perawatan yang sesuai dengan kulit Anda.