Kepribadian INTJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Orang dengan kepribadian INTJ dianggap merupakan pribadi yang paling mandiri dibandingkan dengan 15 tipe kepribadian MBTI lainnya.

INTJ adalah singkatan dari Introverted, Intuitive, Thinking, dan Judging. Sekitar 1–4 persen populasi dunia diperkirakan memiliki kepribadian INTJ. Orang dengan tipe kepribadian ini dikenal sebagai individu yang analitis, logis, dan kreatif. Oleh sebab itu, orang dengan kepribadian dijuluki sebagai ‘si ahli strategi’.

Seluk-Beluk Kepribadian INTJ, Si Ahli Strategi - Alodokter

Karakteristik Utama Kepribadian INTJ

Ada beberapa karakteristik kepribadian INTJ yang sangat menonjol. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Penyendiri

Pribadi INTJ adalah seorang introvert, yang artinya ia lebih senang menghabiskan waktu seorang diri daripada bersama orang lain. Kendati demikian, bukan berarti pribadi INTJ tidak suka bersosialisasi sama sekali. Hanya saja, ia lebih suka berinteraksi dengan keluarga atau teman-teman terdekatnya.

2. Ahli dalam perencanaan

Orang dengan kepribadian INTJ biasanya adalah orang yang sangat senang memikirkan masa depan dan mengeksplorasi berbagai kemungkinan yang ada. Maka dari itu, biasanya pribadi INTJ sangat ahli dalam perencanaan jangka panjang dan pembangunan sebuah sistem.

3. Logis

Pribadi INTJ biasanya memiliki pola pikir sebab-akibat. Ketika dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya mengambil keputusan, ia bisa sangat logis dan objektif. Ia juga sangat pandai mengambil hikmah atau makna tersembunyi dari setiap hal yang terjadi di dalam kehidupannya.

4. Rasional

Orang dengan kepribadian INTJ juga sangat rasional dan mengesampingkan emosi. Bagi pribadi INTJ, hampir semua situasi dalam hidupnya bisa dijadikan peluang untuk memperluas pengetahuan dan mengasah kemampuan berpikirnya.

Berkat pola pikirnya yang rasional, pribadi INTJ mampu menciptakan berbagai solusi inovatif untuk setiap masalah yang dihadapinya.

5. Ambisius

Pribadi INTJ umumnya juga merupakan orang yang ambisius dan sangat berorientasi pada tujuan. Orang dengan kepribadian INTJ biasanya memiliki tujuan dan visi yang jelas tentang masa depannya. Tidak hanya itu, ia juga memiliki rencana yang jelas untuk mencapai tujuannya tersebut.

Kelebihan dan Kelemahan Tipe Kepribadian INTJ

Setiap tipe kepribadian pasti memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang umumnya dimiliki orang dengan kepribadian INTJ:

  • Objektif
  • Logis
  • Rasional
  • Percaya diri
  • Pekerja keras
  • Pendengar yang baik
  • Berorientasi pada masa depan
  • Bisa menerima kritik dengan baik

Sementara kekurangan yang dimiliki orang dengan kepribadian INTJ  adalah:

  • Kaku
  • Kurang sensitif
  • Sangat perfeksionis
  • Tidak suka membicarakan perasaan

Karir yang Cocok untuk Tipe Kepribadian INTJ

Orang dengan kepribadian INTJ adalah orang yang sangat analitis dan logis. Ia sangat pandai mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk mencapai wawasan-wawasan baru.

Oleh sebab itu, ia sangat cocok berkarir pada bidang yang membutuhkan kemampuan untuk menafsirkan informasi kompleks, seperti pada bidang-bidang keilmiahan atau teknis.

Pribadi INTJ sangat suka bekerja di lingkungan yang fleksibel sehingga bisa mengembangkan ide-idenya dengan maksimal. Saat pribadi INTJ tertarik pada suatu bidang atau karier, ia akan berusaha keras untuk menjadi ahli dalam bidang tersebut karena memiliki standar yang tinggi terhadap dirinya sendiri.

Beberapa pekerjaan yang cocok bagi orang dengan kepribadian INTJ antara lain ilmuwan, matematikawan, arsitek, insinyur, dokter, dokter gigi, guru, hakim, programmer, dan pengacara.

Semua tipe kepribadian, termasuk tipe kepribadian INTJ, pasti memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Tes MBTI bisa membantu mengidentifikasi karakteristik dan keunggulan tersebut dalam diri Anda.

Namun, jika Anda memiliki kesulitan untuk melihat potensi yang ada pada diri Anda, jangan ragu untuk mengonsultasikan hal tersebut dengan psikolog. Melalui wawancara dan beberapa tes dari psikolog, Anda juga bisa mengetahui potensi Anda lebih baik.