Serangan jantung bisa menyebabkan komplikasi yang beragam, mulai dari yang ringan hingga yang bisa menyebabkan kematian. Berikut ini adalah beberapa komplikasi yang mungkin terjadi pada penderita serangan jantung:

  1. Aritmia

Serangan jantung dapat merusak otot jantung dan mengganggu sinyal listrik yang berfungsi untuk mengontrol detak jantung, sehingga terjadilah aritmia. Aritmia adalah kondisi di mana jantung berdetak dengan tidak normal, baik terlalu pelan, cepat, ataupun tak beraturan.

  1. Gagal jantung

Serangan jantung dapat memicu gagal jantung. Kondisi ini membuat jantung tidak dapat secara efektif memompa darah ke seluruh tubuh. Gejalanya berupa sesak napas, cepat merasa lelah, dan bengkak pada tungkai.

  1. Syok kardiogenik

Syok kardiogenik terjadi ketika aliran darah ke seluruh tubuh sangat berkurang sehingga organ-organ tubuh tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini mirip dengan gagal jantung, tapi lebih berbahaya. Gejala yang muncul antara lain adalah kulit pucat dan sesak napas.

  1. Jantung robek

Robeknya otot jantung atau katup jantung akibat serangan jantung sangat jarang terjadi, tetapi sangat berbahaya. Komplikasi ini dapat muncul sekitar 1-5 hari setelah serangan jantung.