Serangan jantung dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Cara yang bisa dilakukan antara lain:

Memperbanyak konsumsi lemak tak jenuh dan serat

Makanan yang baik untuk kesehatan jantung antara lain yang mengandung banyak lemak baik, seperti ikan, alpukat, atau biji-bijian, serta makanan tinggi serat, seperti nasi merah, gandum utuh, atau sayuran.

Mengurangi konsumsi lemak jenuh, gula, dan garam

Konsumsi lemak harian yang dianjurkan adalah lima sendok makan, dan berlaku juga untuk takaran lemak tak jenuh. Sementara itu, takaran garam perhari yang disarankan adalah maksimal satu sendok teh. Sedangkan, konsumsi gula harian yang disarankan yakni paling banyak empat sendok makan.

Menjaga kadar gula darah dan tekanan darah

Dengan mengendalikan kadar gula darah dan tekanan darah, risiko terjadinya penyakit jantung koroner yang menjadi penyebab utama serangan jantung juga berkurang.

Menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin

Rutin menjalani pemeriksaan kesehatan setidaknya 1 tahun sekali dapat membantu mendeteksi penyakit jantung lebih dini. Selain penyakit jantung, pemeriksaan ini juga dapat mendeteksi gangguan pada tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol, serta berbagai penyakit lainnya.

Berhenti merokok

Merokok merupakan faktor risiko utama serangan jantung. Hal ini karena rokok bisa menyebabkan aterosklerosis di pembuluh darah, serta dapat meningkatkan tekanan darah.

Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik dan rutin berolahraga minimal selama 150 menit dalam seminggu dapat membantu menjaga kesehatan jantung, serta menangani diabetes dan hipertensi.

Mengelola stres

Pelajari teknik-teknik untuk mengontrol stres, seperti teknik relaksasi otot dan teknik pernapasan. Bila perlu, konsultasikan ke dokter mengenai cara yang tepat untuk mengatasi stres.