Selain dijadikan sebagai hidangan, sawi putih juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Sawi putih merupakan bahan makanan rendah kalori yang padat nutrisi. Jika Anda penasaran dengan manfaat sawi putih, simak penjelasan berikut.

Selain rendah lemak dan rendah kalori, yaitu hanya 13 kalori per 100 gram, sawi putih kaya akan nutrisi. Sayuran ini mengandung karbohidrat, serat, protein, dan berbagai vitamin serta mineral penting. Vitamin dan mineral yang terkandung di sawi putih adalah vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, E, K, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, dan natrium.

Simak Manfaat Sawi Putih dan Cara Mengolahnya - Alodokter

Inilah Beragam Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat sawi putih untuk kesehatan:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sawi putih mengandung vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Mengonsumsi sawi putih secara rutin dapat membuat Anda tidak mudah terserang penyakit.

2. Menjaga kesehatan mata

Tak hanya meningkatkan sistem imunitas tubuh, sawi putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena vitamin A dan beta karoten yang terkandung di sawi putih.

3. Menyehatkan saluran pencernaan

Serat yang terkandung di sawi putih efektif untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, karena serat di sawi putih dapat meningkatkan pergerakan usus yang akan membantu mengatasi sembelit dan konstipasi.

4. Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium yang terdapat di sawi putih dapat membantu mengontrol tekanan darah. Meski begitu, sayuran ini tidak bisa digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi tetap harus rutin mengonsumsi obat dan menjalani pola hidup sehat untuk mengontrol tekanan darah.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Sawi putih juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang, karena kalsium dan vitamin K yang terkandung di sawi putih akan menjaga kepadatan tulang sekaligus mencegah osteoporosis.

Resep Sehat Olahan Sawi Putih

Anda bisa mencoba salah satu resep sehat olahan sawi putih di bawah ini:

Tumis sawi putih wortel

Bahan-bahan:

  • 1 bonggol sawi putih, bersihkan dan potong
  • 1 buah wortel, bersihkan dan potong
  • 5 buah bakso, potong
  • 4 siung bawang merah, cicang halus
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah cabe rawit, potong
  • 2 sdt minyak sayur
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak sayur di atas wajan.
  2. Masukkan bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit. Tumis ketiga bahan tersebut hingga harum.
  3. Setelah harum, masukkan bakso, wortel, dan sawi putih. Masak sebentar, lalu tambahkan lada dan garam secukupnya.
  4. Angkat tumisan sawi putih dari wajan dan sajikan.

Beberapa manfaat sawi putih di atas bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Anda dapat mengolahnya dengan bahan makanan sehat lainnya sesuai selera. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui porsi dan jenis makanan sehat yang dianjurkan, sesuai kondisi Anda.