Sampai saat ini, belum ada metode untuk mengatasi skizofrenia. Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk mengendalikan dan meredakan gejala. Beberapa metode pengobatan tersebut adalah:

Obat-obatan

Untuk menangani halusinasi dan delusi, dokter akan meresepkan obat antipsikotik. Obat ini dapat mengurangi gejala seperti halusinasi, delusi, sulit berkonsentrasi, serta rasa cemas dan bersalah. Dengan begitu, kualitas hidup dan kemampuan pasien dalam berinteraksi dengan orang lain dapat membaik.

Perlu diketahui, obat antipsikotik harus tetap dikonsumsi seumur hidup, meski gejala sudah membaik. Beberapa jenis obat antipsikotik yang diberikan oleh dokter adalah:

Psikoterapi

Psikoterapi bertujuan agar pasien dapat mengendalikan gejala yang dialaminya. Terapi ini akan dikombinasikan dengan pemberian obat-obatan.

Beberapa metode psikoterapi yang digunakan adalah:

  • Terapi individual
    Terapi individual bertujuan untuk mengajarkan keluarga dan teman pasien cara berinteraksi dengan pasien. Salah satunya adalah dengan memahami pola pikir dan perilaku pasien.
  • Terapi perilaku kognitif
    Terapi perilaku kognitif bertujuan mengubah perilaku dan pola pikir pasien, membantu pasien memahami pemicu halusinasi dan delusi, dan mengajarkan pasien cara mengatasinya. Terapi ini bisa dikombinasikan dengan pemberian obat-obatan.
  • Terapi remediasi kognitif
    Terapi remediasi kognitif bertujuan untuk mengajarkan pasien cara memahami lingkungan. Terapi ini juga meningkatkan kemampuan pasien dalam memperhatikan atau mengingat sesuatu, dan mengendalikan pola pikirnya.

Terapi Elektrokonvulsi

Terapi elektrokonvulsi adalah pemberian listrik kecil ke otak untuk memicu kejang yang terkendali. Terapi ini digunakan bila obat-obatan tidak efektif dalam meredakan gejala.

Pada terapi ini, dokter akan terlebih dahulu memberikan bius umum. Setelah itu, dokter akan memasang elektroda di kepala pasien. Arus listrik rendah kemudian akan dialirkan melalui elektroda untuk memicu kejang singkat.