Selain mual, muntah, dan telat haid, ada sejumlah ciri-ciri kehamilan yang sering muncul tapi mungkin jarang disadari oleh sebagian wanita. Apa saja ciri-ciri kehamilan tersebut?

Kehamilan dapat terlihat melalui ciri-cirinya yang sangat beragam. Ciri-ciri kehamilan bahkan sudah terlihat atau dirasakan sejak minggu-minggu awal kehamilan.

Tak Hanya Mual, Inilah 9 Ciri-Ciri Kehamilan yang Jarang Disadari - Alodokter

Akan tetapi, terkadang beberapa ciri kehamilan memang sulit dibedakan dengan gejala kondisi kesehatan tertentu, sehingga banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

Kenali Ciri-Ciri Kehamilan yang Jarang Disadari Ini

Setidaknya ada 9 ciri-ciri kehamilan yang jarang disadari dan sering dikira gangguan kesehatan, bukannya tanda kehamilan. Ciri-ciri tersebut adalah:

1. Keluar darah dari vagina

Tidak sedikit wanita yang terkecoh dan menduga bahwa keluarnya darah dari vagina merupakan tanda menstruasi. Padahal, hal ini juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Ciri-ciri kehamilan yang satu ini disebut sebagai pendarahan implantasi.

Meskipun mirip, pendarahan implantasi dan keluarnya darah dari vagina karena menstruasi memiliki ciri yang berbeda.

Darah yang keluar ketika menstruasi biasanya lebih banyak dan pekat dan berwarna merah, sedangkan darah yang keluar dari vagina akibat pendarahan implantasi biasanya hanya sedikit dan warnanya kecoklatan atau pink.

2. Suasana hati mudah berubah

Salah satu ciri-ciri kehamilan adalah perubahan mood atau suasana hati yang mudah berubah. Ciri-ciri kehamilan ini biasanya mulai dirasakan ketika usia kehamilan wanita mencapai 6–10 minggu.

Mood yang mudah berubah bisa terjadi karena perubahan hormon, seperti estrogen dan progesteron. Peningkatan kadar hormon kehamilan tersebut turut memengaruhi sel saraf di otak, sehingga suasana hati ibu hamil mudah berubah.

3. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil merupakan salah satu ciri-ciri kehamilan. Keluhan ini muncul karena peningkatan hormon kehamilan hCG (human chorionic gonadotropin) selama masa kehamilan. Hal ini membuat produksi urine di dalam tubuh meningkat, sehingga kandung kemih lebih mudah penuh.

Selain karena hormon kehamilan, keluhan sering buang air kecil sebagai ciri kehamilan juga bisa muncul akibat pembesaran ukuran rahim yang dapat menekan kandung kemih, sehingga dorongan untuk buang air kecil akan lebih sering dirasakan. Hal ini bisa membuat wanita hamil buang air kecil hingga lebih dari 6–8 kali sehari.

4. Sensitif dengan bau

Sensitif terhadap bau merupakan salah satu ciri kehamilan yang paling awal muncul dan bisa berdampak pada timbulnya rasa mual yang dialami ibu hamil (morning sickness).

Bahkan, tidak sedikit ibu hamil yang tetap merasa mual ketika mencium sesuatu yang wangi dan sebelumnya tidak menimbulkan rasa mual, misalnya parfum atau pewangi.

5. Sembelit

Banyak wanita kerap salah menduga bahwa sembelit yang dialami hanyalah dampak dari pola makan yang kurang sehat, padahal sembelit atau konstipasi juga bisa menjadi ciri-ciri kehamilan.

Hal ini dikarenakan perubahan hormon saat hamil yang membuat otot-otot di saluran pencernaan lebih kendur serta rahim yang kian membesar dan menekan usus. Perubahan di dalam tubuh wanita hamil tersebut dapat membuat pergerakan usus menjadi lebih lambat, sehingga menyebabkan sembelit.

6. Tubuh lemas

Tubuh terasa lemas dan terjadi tanpa alasan yang jelas, bukan berarti Anda kurang makan, kurang istirahat, atau sedang sakit. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi saat Anda hamil.

Saat hamil, tubuh lebih banyak memproduksi hormon progesteron. Peningkatan hormon ini dapat membuat ibu hamil menjadi lebih sering lemas dan mengantuk.

Ditambah lagi, suasana hati yang mudah berubah turut menyita energi. Semua hal tersebut bisa membuat tubuh terasa lemas meski Anda sedang tidak banyak beraktivitas.

7. Pusing

Wanita yang sedang hamil sering kali akan mudah merasa pusing. Hal ini bisa disebabkan oleh menurunnya tekanan darah pada awal kehamilan yang normal terjadi. Ciri kehamilan ini baisanya sudah dapat dirasakan ketika usia kehamilan baru mencapai sekitar 6 minggu.

8. Hidung tersumbat dan mimisan

Meningkatnya kadar hormon dalam tubuh saat hamil juga dapat menyebabkan hidung lebih mudah bengkak, kering, dan berdarah. Hal ini bisa membuat wanita hamil lebih rentan mengalami hidung tersumbat dan mimisan.

9. Payudara lebih kencang

Bila Anda merasa payudara menjadi lebih kencang, padat, dan sensitif, bisa jadi hal tersebut menandakan bahwa Anda sedang mengandung.

Pasalnya, payudara mengencang merupakan perubahan fisik yang umum terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan. Seiring bertambahnya usia kehamilan, perubahan yang terjadi pada payudara akan semakin terlihat. Hal ini merupakan proses alami tubuh untuk mempersiapkan kelahiran bayi dan proses menyusui.

Bila Anda merasakan ciri-ciri kehamilan di atas, Anda bisa mencoba melakukan tes kehamilan sendiri menggunakan testpack.

Bila hasilnya positif, hal tersebut menandakan bahwa Anda memang sudah hamil. Namun, jika hasil testpack negatif, Anda dapat mengulangnya di minggu kemudian atau berkonsultasi ke dokter kandungan untuk memastikan bahwa munculnya ciri-ciri kehamilan tersebut disebabkan oleh kehamilan atau sebab yang lain.