Telon Lang bermanfaat untuk menjaga kehangatan tubuh bayi, membantu meredakan perut kembung dan masuk angin, serta mencegah gigitan nyamuk. Selain itu, Telon Lang juga dapat digunakan sebagai minyak pijat untuk bayi

Telon Lang adalah minyak telon yang terbuat dari tiga bahan utama, yaitu minyak kayu putih (Oleum Cajuputi), minyak adas manis (Oleum Anisi), dan minyak kelapa (Oleum Cocos). Campuran minyak tersebut dapat memberikan kehangatan pada bayi, sekaligus tetap menjaga kelembapan kulit bayi.

Telon Lang - Alodokter

Produk Telon Lang

Telon Lang tersedia dalam dua varian yang dijual bebas di pasaran. Berikut adalah varian produk Telon Lang beserta kandungan di dalamnya:

  • Telon Lang Original
    Telon Lang Original mengandung Oleum Cajuputi 287,62 mg, Oleum Cocos 546,58 mg, dan Oleum Anisi 70,80 mg.
  • Telon Lang Plus
    Telon Lang Plus mengandung bahan utama Oleum Anisi 8,5%, Oleum Cajuputi 31,5%, dan Oleum Cocos 50%.

Selain itu, Telon Lang Plus juga dilengkapi dengan Oleum Chamomillae 3% dan Oleum Olivarum 4% sebagai aromaterapi dan pelembap kulit tambahan, serta Natural Rhodinol 3% (ekstrak sereh) sebagai pengusir nyamuk.

Apa Itu Telon Lang

Golongan Obat bebas
Kategori Obat herbal
Manfaat Menjaga kehangatan tubuh, membantu meredakan perut kembung dan masuk angin, mencegah gigitan nyamuk, atau sebagai minyak pijit untuk bayi.
Digunakan oleh Dewasa dan bayi
Telon Lang untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.Produk ini diperuntukkan bagi bayi. Namun, secara umum Telon Lang dan Telon Lang Plus aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Jika Anda ragu, sebaiknya konsultasikan ke dokter.
Bentuk obat Obat oles

Peringatan Sebelum Menggunakan Telon Lang

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan Telon Lang, di antaranya:

  • Jangan menggunakan Telon Lang jika Anda atau bayi Anda memiliki alergi terhadap kandungan yang ada di dalam produk ini.
  • Konsultasikan dengan dokter mengenai pemakaian Telon Lang jika Anda atau bayi Anda sedang menderita asma atau kondisi kulit tertentu, seperti eksim atau ruam popok.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi setelah menggunakan Telon Lang.

Dosis dan Aturan Pakai Telon Lang

Oleskan Telon Lang secukupnya pada bagian perut, dada, punggung, pinggang, lengan, serta kaki bayi.

Cara Menggunakan Telon Lang dengan Benar

Baca aturan pakai yang tertera di kemasan produk sebelum menggunakan produk ini.

Oleskan Telon Lang secara merata pada bagian perut, dada, punggung, pinggang, lengan, serta kaki bayi sehabis mandi atau sesuai kebutuhan, misalnya sebelum tidur, saat ingin menghindari gigitan nyamuk, saat udara dingin, atau saat perut kembung.

Untuk meredakan perut kembung, pakaikan Telon Lang dengan pijatan lembut pada perut bayi dengan gerakan “I Love U”, yaitu seperti menulis huruf I dari perut kiri atas (sisi bayi) ke kiri bawah, huruf L terbalik dari perut kanan atas ke kiri bawah, dan huruf U terbalik dari kanan bawah ke kiri bawah. Gerakan ini dapat membantu melepaskan gas yang terperangkap di dalam perut bayi.

Simpan Telon Lang pada suhu ruangan dan letakkan di dalam wadah tertutup. Hindarkan produk dari paparan sinar matahari langsung dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Efek Samping dan Bahaya Telon Lang

Telon Lang umumnya jarang menimbulkan efek samping. Namun, segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan ke dokter jika muncul ruam, gatal, kemerahan atau bengkak pada kulit, atau gangguan pernapasan.