Berbelanja bersama anak kerap dianggap sebagai hal yang merepotkan. Padahal, kegiatan ini bisa menjadi momen yang menyenangkan dan menjadi sarana belajar bagi anak, lho. Nah, agar nyaman berbelanja bersama anak, mari simak tipsnya berikut ini.

Saat mengajak anak belanja ke supermarket, ia kerap kali berlarian, menarik barang, atau bermain dengan kereta belanja tanpa berhati-hati. Anak bisa juga rewel karena tidak mood atau merasa bosan.

Tips Nyaman Berbelanja Bersama Anak - Alodokter

Hal ini tentu bisa membuat Bunda kewalahan sehingga tidak fokus untuk berbelanja. Akibatnya, kegiatan berbelanja bisa menjadi sangat lama dan seringkali ada barang yang tidak terbeli.

Tips Berbelanja Bersama Anak

Tenang, Bun. Mengajak Si Kecil berbelanja bisa jadi tidak merepotkan jika Bunda menerapkan langkah-langkah berikut ini:

1. Buat daftar belanja

Sebelum pergi berbelanja, buatlah catatan barang apa saja yang akan dibeli. Pasalnya, membawa Si Kecil berbelanja bisa memecah konsentrasi Bunda, sehingga bisa saja ada barang yang lupa untuk dibeli jika tidak menyiapkan daftar belanja terlebih dahulu.

Selain itu, menyiapkan daftar belanja juga membuat Bunda lebih fokus dan cepat dalam mencari barang-barang yang perlu dibelanjakan. Hal ini menghindari waktu belanja terlalu lama yang bisa membuat Si Kecil merasa bosan dan menjadi rewel.

2. Pastikan Si Kecil sudah makan dan cukup istirahat

Berbelanja sambil menenangkan anak yang rewel karena lapar atau mengantuk tentunya bisa membuat Bunda kewalahan. Selain dapat mengganggu kenyamanan orang lain, anak yang menangis juga bisa membuat Bunda terdistraksi dan buru-buru saat berbelanja. Bila seperti ini, besar kemungkinan melupakan barang-barang yang ingin dibeli.

Oleh karena itu, pastikan Si Kecil sudah makan dan istirahat cukup saat hendak pergi berbelanja. Hindari juga membawa Si Kecil berbelanja saat ia sedang tidur. Alih-alih tidur dengan tenang, keadaan supermarket yang terang, berisik, dan penuh orang justru bisa membangunkannya dan membuat ia jadi lebih rewel.

3. Persiapkan perlengkapan anak

Belanja ke supermarket terkadang tidak bisa berlangsung dengan cepat, apalagi jika banyak kebutuhan yang harus dibeli. Supaya Si Kecil tidak merasa bosan saat menemani berbelanja, Bunda bisa membawa mainan kesukaannya. Bawalah 1 atau 2 mainan berukuran kecil agar mudah disimpan di dalam tas.

Selain itu, pastikan Si Kecil memakai pakaian yang nyaman dan popok yang sudah diganti saat akan menemani Bunda berbelanja, ya.

4. Libatkan anak dalam aktivitas belanja

Bunda bisa melibatkan Si Kecil dalam aktivitas berbelanja agar kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan. Berikanlah ia tugas sederhana sesuai dengan kemampuannya, misalnya membantu mengambilkan barang pada rak yang tidak terlalu tinggi, atau ajak ia menghitung jumlah apel yang dimasukkan ke dalam kantong belanja.

Momen belanja ke supermarket ini juga bisa Bunda manfaatkan untuk mengenalkannya pada berbagai makanan bergizi, seperti buah dan sayuran. Bunda bisa menjelaskan secara sederhana tentang manfaat buah dan sayuran yang sedang Bunda ambil agar kemudian Si Kecil bisa tertarik untuk mengonsumsinya.

Bila Si Kecil memang sudah mulai mengenal banyak jenis buah dan sayuran, Bunda bisa mengajaknya bermain tebak-tebakan nama buah atau sayur yang Bunda tunjuk. Memainkan permainan ini bisas membuat suasana berbelanja menjadi menyenangkan, sehingga ia tidak cepat bosan.

Hal penting yang perlu diperhatikan saat membawa Si Kecil berbelanja adalah selalu mengawasinya. Jangan sampai Bunda lengah, ya. Perhatikan selalu gerak-geriknya agar ia tidak berlari-larian jauh dari Bunda.

Berbelanja dengan anak bisa jadi pekerjaan yang memberatkan Bunda. Namun, alangkah baiknya jika Bunda juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mengajari anak berbagai macam hal di supermarket.

Jika anak terlihat tidak nyaman, kurang sehat, atau mengalami keluhan kesehatan setelah pergi berbelanja, ajak anak untuk beristirahat. Namun, bila keluhannya tidak membaik, segera periksakan ia ke dokter, ya, Bun.