Tolnaftate adalah obat untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit. Beberapa kondisi akibat infeksi jamur kulit yang dapat diatasi dengan obat ini, yaitu kurap (ringworm), gatal di selangkangan (tinea cruris), atau kutu air.

Tolnaftate bekerja dengan cara menghambat kerja enzim squalene epoxidase yang berperan dalam pembentukan dinding sel jamur. Cara kerja ini menyebabkan terhambatnya pertumbuhan jamur penyebab infeksi.

Tolnaftate

Merek dagang tolnaftate: -

Apa Itu Tolnaftate

Golongan Antijamur
Kategori Obat bebas dan obat resep
Manfaat Mengatasi infeksi jamur di kulit
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak (di atas 2 tahun)
Tolnaftate untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.

Belum diketahui apakah tolnaftate dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Topikal (salep, krim, gel, bubuk)

Peringatan Sebelum Menggunakan Tolnaftate

Tolnaftate tidak boleh digunakan sembarangan. Berikut ini adalah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan tolnaftate:

  • Jangan menggunakan tolnaftate jika Anda alergi terhadap obat ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda menderita diabetes atau penyakit yang memengaruhi sistem imun, seperti HIV.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah melakukan transplantasi organ tubuh.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau overdosis setelah menggunakan tolnaftate.

Dosis dan Aturan Pakai Tolnaftate

Tolnaftate digunakan untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit. Dosis umum tolnaftate 1% untuk orang dewasa dan anak-anak di atas 2 tahun adalah 2 kali sehari. Obat ini perlu dioleskan secukupnya pada area yang terinfeksi selama 2–4 minggu.

Jika bagian yang terinfeksi jamur sudah parah atau terdapat penebalan kulit, dokter mungkin akan memperpanjang waktu pengobatan hingga 6 minggu.

Cara Menggunakan Tolnaftate dengan Benar

Selalu ikuti instruksi dokter dan baca petunjuk pada kemasan obat sebelum menggunakan tolnaftate.

Sebelum menggunakan tolnaftate, cuci tangan dan bagian kulit yang akan diolesi sampai bersih lalu keringkan. Setelah itu, oleskan tipis-tipis obat pada seluruh bagian kulit yang mengalami gangguan.

Jangan menggunakan tolnaftate pada kulit yang terbakar matahari (sunburn), kering, pecah-pecah, iritasi, atau pada luka terbuka. Jangan menggunakan obat ini lebih lama atau kurang dari waktu yang ditentukan.

Jangan tutup bagian kulit yang telah diolesi tolnaftate, kecuali sesuai dengan petunjuk dokter. Tutup bagian yang diobati dengan kasa atau perban yang tidak menghalangi sirkulasi udara.

Segera cuci dengan air bersih jika tolnaftate mengenai mata, hidung, mulut, rektum, atau vagina. Setelah mengoleskan obat ini, segera bersihkan tangan dengan air hingga bersih.

Usahakan untuk menggunakan obat ini pada waktu yang sama setiap harinya. Jika lupa menggunakan tolnaftate, segera gunakan jika jeda dengan jadwal pemakaian berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Simpan tolnaftate di dalam wadah tertutup pada suhu ruangan, di tempat yang kering, dan terhindar dari sinar matahari. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Tolnaftate dengan Obat Lain

Belum diketahui efek interaksi yang bisa terjadi jika tolfanate digunakan dengan obat lain. Selalu beri tahu dokter jika ingin menggunakan obat-obatan dan produk herbal secara bersamaan dengan tolnaftate. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek interaksi yang tidak diinginkan.

Efek Samping dan Bahaya Tolnaftate

Tolnaftate dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi kulit. Segera temui dokter jika efek samping tersebut tak kunjung reda atau bertambah parah. Segera ke dokter jika terjadi reaksi alergi obat yang bisa ditandai dengan:

  • Bengkak pada bibir atau kelopak mata
  • Muncul ruam pada kulit
  • Kesulitan bernapas