“Bayiku kok belum bisa tengkurap, ya?”. Jika pertanyaan ini muncul dalam benak Bunda, jangan khawatir dulu, Bun. Untuk bisa tengkurap, setiap bayi membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Namun, ini bisa dipercepat dengan melatihnya sejak awal.

Bunda, Ini Lho Penyebab Bayi Lambat Tengkurap dan Cara Melatihnya - Alodokter

 

Bayi umumnya butuh waktu sekitar 5–6 bulan untuk bisa berguling dari posisi telentang ke posisi tengkurap. Sebelum itu, coba perhatikan apakah Si Kecil mulai sering menggeser badan atau menggerak-gerakkan lengan dan kakinya. Ini adalah tanda Si Kecil siap berguling dan tengkurap.

Penyebab Bayi Lambat Tengkurap dan Cara Melatihnya

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan bayi lambat tengkurap. Salah satunya adalah lahir prematur. Bayi prematur biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan keterampilan bergeraknya dibandingkan bayi normal.

Selain itu, ada beberapa kelainan yang dapat menyebabkan kemampuan bergerak bayi terganggu, antara lain:

Kelainan ini terjadi karena faktor genetik dan biasanya terjadi sejak bayi lahir. Jadi, selama Si Kecil masih ceria, aktif menggerakkan kaki dan tangannya, apalagi masih berusia di bawah 5 bulan, Bunda tidak perlu khawatir. Mungkin saja ini memang belum saatnya ia tengkurap.

Untuk melatih Si Kecil agar bisa cepat tengkurap, Bunda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

Tengkurapkan bayi selama beberapa menit

Sejak Si Kecil lahir Bunda sudah bisa, lho, melatihnya tengkurap beberapa kali sehari. Ini juga sering disebut dengan tummy time. Namun, Bunda harus selalu mengawasinya, terutama saat Si Kecil masih belum bisa mengangkat kepala sendiri. Meninggalkan bayi tanpa pengawasan saat sedang tengkurap dapat meningkatkan risiko terjadinya sudden infant death syndrome (SIDS).

Saat pertama kali ditengkurapkan, bayi mungkin akan merasa tidak nyaman dengan posisi ini. Agar Si Kecil nyaman, Bunda bisa mulai melatihnya tengkurap di atas dada Bunda terlebih dahulu sebelum menengkurapkan di kasur atau lantai. Jangan lupa untuk mengajak Si Kecil bicara atau bermain agar ia merasa nyaman.

Bantu bayi berguling ke posisi tengkurap

Jika sewaktu-waktu Si Kecil terlihat seperti ingin membalikkan badan namun kesulitan, bantulah ia dengan mendorong tubuhnya secara perlahan hingga ke posisi tengkurap.

Latih bayi tengkurap dengan mainan

Si Kecil bisa juga rewel dan menunjukkan rasa tidak suka ketika Bunda melatihnya untuk tengkurap. Jangan bingung, Bunda bisa menaruh mainan di depan Si Kecil untuk mengalihkan perhatiannya.

Selain itu, menaruh mainan di depan Si Kecil selama tengkurap bisa membuatnya mengangkat kepala dan menopang badan menggunakan lengannya. Posisi seperti ini dapat melatih otot leher dan lengannya dan membuatnya lebih kuat untuk bisa tengkurap sendiri.

Hal penting lain yang harus Bunda ingat adalah jangan terlalu sering menggendong Si Kecil atau menaruhnya di bouncer maupun stroller. Ini dikhawatirkan akan membatasi kesempatannya untuk bergerak dan melatih kekuatan ototnya.

Penyebab bayi lambat tengkurap biasanya tidak serius. Selama Si Kecil sehat dan aktif, Bunda tidak perlu khawatir. Cobalah lakukan cara-cara di atas agar ia cepat tengkurap. Namun, jika usia Si Kecil sudah 5 bulan dan tetap belum bisa tengkurap meski sudah sering dilatih, sebaiknya konsultasikan kondisi Si Kecil ke dokter.