10 Manfaat Hubungan Intim yang Tidak Disangka-sangka

Terdapat anggapan bahwa seseorang yang rutin melakukan hubungan intim menjadi lebih jarang sakit. Ini karena hubungan seksual ternyata tidak hanya berperan mempererat keintiman pasangan, tapi juga membawa banyak manfaat kesehatan secara tidak langsung.

Tidak menjadwalkan hubungan seksual dengan istri/suami Anda berarti sama dengan mengabaikan manfaat hubungan intim. Berhubungan seksual secara teratur adalah cara untuk bersenang-senang, menjaga keintiman, sekaligus menjaga tubuh tetap bugar.

manfaat hubungan intim-alodokter

Mari kita cermati berbagai manfaat hubungan intim di bawah ini.

Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh

Seseorang yang melakukan hubungan seksual memiliki tubuh yang relatif lebih kuat melawan kuman, virus, dan bakteri penyebab penyakit. Sebuah penelitian menyatakan bahwa melakukan hubungan intim 1-2 kali per minggu secara rutin dapat meningkatkan kadar antibodi yang disebut immunoglobulin A atau IgA yang dapat melindungi tubuh dari infeksi.

Membakar kalori

Penelitian menemukan bahwa berhubungan seks dapat membakar kurang lebih 5 kalori per menit karena membuat tubuh menggunakan berbagai otot dan mempercepat detak jantung. Sementara hubungan intim sekitar 30 menit dapat membakar setidaknya 85 kalori. Oleh karenanya, menjadwalkan hubungan intim adalah kegiatan yang tepat untuk membakar kalori secara teratur.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Kesehatan jantung adalah salah satu kunci kesehatan tubuh. Dalam hal ini, manfaat hubungan intim adalah menjaga kadar estrogen dan testosteron tetap seimbang. Selain itu, berhubungan seksual membuat detak jantung meningkat. Penelitian menemukan bahwa orang yang melakukan hubungan seksual, setidaknya dua kali seminggu, berpeluang mengurangi 50 persen risiko mengalami penyakit jantung dibandingkan yang tidak melakukannya.

Meningkatkan kontrol kandung kemih

Seiring pertambahan usia, wanita akan mengalami masalah kontrol kandung kemih sehingga urine dapat mengalir tanpa terkendali. Manfaat hubungan intim dalam hal ini bagi wanita adalah untuk membantu mengencangkan otot panggul bawah dengan kontraksi otot saat orgasme.

Menurunkan tekanan darah

Menurut penelitian, hubungan intim, tidak termasuk masturbasi, ternyata bermanfaat menurunkan tekanan darah sistolik. Peneliti juga menemukan bahwa seseorang yang lebih sering memeluk dan dipeluk memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan yang jarang dipeluk.

Meredakan rasa sakit

Orgasme melepaskan hormon yang dapat meredakan rasa sakit menyerupai manfaat obat pereda nyeri, tutur seorang ahli saraf terkemuka. Bahkan sekadar rangsangan seksual saja, tanpa diakhiri orgasme, juga dapat mengurangi rasa sakit. Ahli saraf tersebut juga mengatakan rangsangan pada vagina dapat mengurangi rasa sakit pada kaki dan nyeri kronis pada punggung, bahkan sakit kepala.

Mengurangi risiko kanker prostat

Penelitian mengungkapkan bahwa pria yang melakukan ejakulasi secara sering terkait dengan risiko yang lebih rendah untuk mengalami kanker prostat.

Meningkatkan kualitas tidur

Setelah orgasme, tubuh memproduksi hormon prolaktin yang dapat menimbulkan rasa rileks dan mengantuk sehingga Anda akan tidur lebih cepat dan lebih nyaman.

Meningkatkan kebahagiaan

Rangsangan seksual melepaskan bahan kimia dalam otak yang memicu rasa senang. Selain itu, hubungan intim membuat tubuh melepaskan hormon yang membuat Anda merasa nyaman.

Meningkatkan kedekatan pasangan

Orgasme melepaskan hormon okstitosin atau hormon cinta yang membantu pasangan suami istri meningkatkan rasa kepercayaan dan ikatan di antara keduanya.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa meski terdapat beragam manfaat hubungan intim, tapi dalam hal menjaga kesehatan, Anda tetap perlu mempraktikkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat dapat meliputi istirahat cukup, tetap aktif, konsumsi makanan sehat, dan mendapat vaksin. Diperlukan olahraga atau gerak tubuh aktif sekitar 2,5 jam tiap pekan untuk mendukung kesehatan tubuh. Hal ini tentu tidak dapat dicapai hanya melalui hubungan intim. Oleh karena itu, tetaplah rajin berolahraga, seperti berenang, bersepeda, atau sekadar berjalan cepat.