5 Cara Agar Kamu Menjadi Pendamping Hidup Idaman

Di dunia ini tidak ada pendamping hidup yang sempurna. Tapi setidaknya, kamu bisa belajar menjadi sosok yang mendekati sempurna untuk pasanganmu.

Kamu pasti menginginkan rumah tangga yang harmonis, bahagia dan langgeng hingga rambut memutih. Nah, hal tersebut mungkin bisa dicapai jika rumah tangga diisi oleh pasangan yang berkualitas. Kamu juga bisa, lho, menjadi pasangan seperti itu. Begini caranya:

5 Cara Agar Kamu Bisa Menjadi Pendamping Hidup Idaman

Jadilah teman bicara yang baik. Menjalin komunikasi sangat penting saat membina rumah tangga. Bahkan, hal ini lebih penting dari dari perasaan cinta, uang, atau debaran jantung yang kamu rasakan untuk pasangan. Komunikasi memungkinkan kamu dan pasangan untuk saling bertukar pikiran dalam hal apa pun, dan bisa menghindari kalian dari kesalahpahaman.

Untuk membina komunikasi yang baik dalam pernikahan, kamu diharuskan untuk memosisikan diri lebih dari sekadar pasangan. Kamu harus bisa menjadi seorang teman yang bisa merasa bebas bicara mengenai banyak hal. Tanda kamu sudah menjalin komunikasi yang baik adalah ketika kamu bisa bebas mengutarakan semua yang ada di pikiran dan kamu juga bisa menjadi pendengar yang baik.

Kurangi drama. Selalu ada konflik dalam setiap pernikahan. Jika takarannya pas, konflik dalam rumah tangga bisa menjadi bumbu penyedap dalam pernikahan. Namun, jangan terlalu banyak drama atau membuatnya makin rumit dengan bertengkar terus-menerus atau saling menyalahkan.

Untuk mengurangi drama dalam pernikahan, yang perlu kamu lakukan adalah tarik napas dalam-dalam selama 10 detik ketika sedang emosi. Lalu, tenangkan diri kamu agar tidak mengeluarkan kata-kata yang bisa memicu pertengkaran hebat. Ingat, konflik tidak bisa diselesaikan dengan baik ketika kamu diselimuti oleh amarah. Bicarakan konflik tersebut ketika kamu sudah tenang dan bisa berpikir dengan jernih.

Pintar mengatur keuangan. Kamu tidak pernah tahu masalah finansial apa yang akan menimpa rumah tanggamu. Oleh karena itu, penting untuk bisa bijaksana dalam mengatur keuangan. Mulailah untuk menyisihkan uang untuk tabungan dan sebisa mungkin redam pengeluaran untuk hal-hal tidak penting.

Selalu ingat hal positif. Ketika kamu merasa bosan dengan pasangan atau sedang berada dalam konflik rumah tangga, coba deh untuk mengingat hal-hal indah bersamanya seperti saat pertama kalian bertemu, hingga akhirnya memutuskan untuk mengikat janji suci. Kamu harus bisa menjaga kenangan positif tersebut, karena hal ini bisa menjaga pernikahan tetap utuh.

Setia. Ketika kamu sudah memutuskan untuk menikahinya, maka kamu harus memegang teguh komitmen tersebut. Tidak boleh lagi ada sosok spesial di hati selain pasanganmu. Jagalah hatimu hanya untuknya, meski dia sedang tidak bersamamu. Hindari bergaul dengan lawan jenis secara diam-diam karena hal ini mungkin bisa memicu selingkuh hati. Kenalkan atau ceritakan semua teman lawan jenismu kepadanya agar tidak terjadi salah paham.

Dengan menerapkan 5 hal ini, mungkin kamu bisa menjadi pasangan yang lebih baik lagi. Ingat, pernikahan tidak hanya berkaitan dengan cinta semata. Ada hal penting lainnya yang bisa mendukung keharmonisan sebuah rumah tangga.